uefau17.com

Jabar Kebut Vaksinasi Covid-19 Sebelum Puncak Mudik Idulfitri 2022 - Regional

, Garut Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengingatkan masyarakat Garut termasuk Jawa Barat untuk tetap mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, termasuk menjaga protokol kesehatan (Prokes), di tengah persiapan mudik nasional lebaran 2022.

“Kegiatan vaksinasi ini adalah persiapan, masyarakat kalau mau mudik harus sudah mendapatkan booster,” ujar Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, di Garut, kemarin.

Menurutnya, program vaksinasi Covid-19 merupakan ikhtiar bersama pemerintah pusat bagi masyarakat, untuk menghentikan penyebaran pandemi Covid-19 termasuk saat mudik kali ini.

“Pemerintah sudah melaksanakan kegiatan vaksinasi jauh hari sebelum mudik, tinggal masyarakat memanfaatkannya dengan baik,” kata dia.

Selain itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, sudah memastikan keamanan dan keabsahan vaksin Covid-19 yang akan digunakan bagi masyarakat, termasuk saat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1443 H.

“Vaksin sudah jelas halal dan tidak membatalkan puasa,” kata dia.

Dengan kondisi itu, Panglima Santri Nasional itu terus mengkampanyekan pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

“Tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mau divaksin di bulan puasa menjelang musim mudik ini,” ujar dia kembali mengingatkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Saat Ramadan

Seperti diketahui, vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadan di Garut dilaksanakan dari tanggal 6 April - 1 Mei 2022. Hingga kemarin, capaian vaksinasi ramadan di pusat keramaian mencapai 283 baik dosis pertama, kedua, maupun penguat.

“Luar biasa, terima kasih kepada Kabupaten Garut yang sudah melaksanakan kegiatan seperti ini, semoga dicontoh oleh Kabupaten/ Kota yang lain,” kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jabar per 6 April lalu, capaian vaksinasi dosis pertama Jabar mencapai 93,76 persen dari target yang ditetapkan, yaitu 37,91 juta orang. Kemudian dosis kedua mencapai 78,48 persen, dan dosis ketiga atau vaksin penguat sudah mencapai 12,67 persen.

Sementara capaian vaksinasi di Garut mencapai 93 persen untuk vaksinasi dosis pertama, 79,85 persen untuk vaksinasi dosis kedua, serta 12,9 persen untuk vaksinasi dosis ketiga atau penguat.

“Alhamdulillah di Garut capaian vaksinasinya luar biasa, bahkan untuk dosis kedua capaiannya melebihi provinsi,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat