uefau17.com

Megahnya Markas Kodim Garut, Bekas Hotel Belanda yang Bikin Charlie Chaplin Kesengsem - Regional

, Garut - Peringatan ke-209 Hari Jadi Garut (HJG) tahun ini, memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kalangan Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, Jawa Barat, setelah menerima kado spesial peresmian salah satu bangunan bersejarah sebagai kantor baru markas mereka di bilangan jalan Bank Garut.

Tepat setengah tahun lalu, pemerintah Daerah (Pemda) Garut mengucurkan bantuan hingga Rp1 miliar untuk mengubah gedung tua bersejarah, kebanggaan anggota TNI yang bertugas di kota Pangirutan Garut.

Memang tak berlebih, kondisi gedung bersejarah yang sudah berusia hampir seabad tersebut, tampak mencolok di antara deretan gedung di kawasan dekat Stasiun Garut Garut.

Walhasil dengan pemugaran itu, berubah menjadi lebih wah dengan tampilan kelir putih menghiasi gedung baru markas Tentara Nasional Indonesia tersebut.

“Ini adalah bentuk penghormatan pemerintah daerah kepada TNI,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, dalam sambutannya beberapa waktu lalu.

Menurutnya peringatan ke-209 HJG mampu menghadirkan rona keceriaan di kalangan TNI, terutama setelah proses penyelesaian pembangunan dengan sempurna gedung seharga Rp1 miliar itu.

Politikus Gerindra itu, tak sungkan memuji komitmen TNI-Polri dalam menjaga kondusifitas wilayah Garut, sehingga masyarakat mengaku aman dengan kehadiran TNI-Polri.

“Sejak kami dan dr. Helmi menjabat di periode pertama 2014 sampai dengan sekarang, Forkopimda Kabupaten Garut dalam keadaan kompak dan terutama di masa pandemi ini,” ujar dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikon Baru Daerah

Hal senada disampaikan Dandim 0611/Garut, Letkol CZI Deni Iskandar. Menurutnya, suntikan moral dan material dalam pembangunan gedung tua bersejarah tersebut, mampu direalisasikan dengan baik untuk menghasilkan bangunan yang berkualitas.

“Alhamdulillah apa yang bapak amanahkan kepada saya dulu, saya laksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Deni menyatakan awalnya gedung tersebut merupakan hotel warisan zaman Belanda yang dialihfungsikan menjadi markas tentara di Garut. Bahkan berdasarkan cerita, salah satu pesohor Hollywood dalam lawatannya ke Garut saat itu, pernah singgah di sana.

“Charlie Chaplin pun menurut sejarah pernah bermalam di gedung ini,” kata dia,

Selain menghadirkan keindahan, kehadiran gedung baru itu diharapkan menjadi ikon baru di Garut, terutama seiring dengan rencana reaktivasi Stasiun Garut Kota yang bakal menyedot perhatian pengunjung setiap hari.

“Dan Gedung Makodim 0611/Garut ini kami beri nama Hing Puri Mandalagiri,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat