uefau17.com

Pertama Kali, Nasib Hiu di Sungai Musi Berakhir Jadi Ikan Asin - Regional

, Palembang - Habitat ikan hiu yang hidup di lautan malah ditemukan di perairan Sungai Musi, Sumatera Selatan (Sumsel). Ikan predator ini tersangkut di jaring nelayan di aliran Sungai Musi.

Samsul, nelayan yang tinggal di Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati Palembang menemukan ikan hiu jenis cucut, pada hari Kamis (5/9/2019) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

"Saat saya mengecek, kaget juga karena tidak tahu ikan jenis apa ini. Beratnya bisa mencapai 2,5 Kilogram," ujarnya, Minggu (8/9/2019).

Baca Juga

Dia pun menanyakan ke nelayan lain, jenis ikan apa yang ditemukan. Saat dilihat bentuknya, nelayan lain mengatakan bahwa ikan tersebut adalah anakan hiu.

Penemuan ini sontak membuat heboh warga sekitar. Baru kali ini ditemukan ikan hiu di perairan Sungai Musi. Namun setelah diangkat dari perahu, ikan hiu ini akhirnya mati. Padahal Samsul berencana akan memeliharanya di rumah.

"Saat saya angkat, langsung mati. Padahal mau saya masukkan di dalam bak. Sekarang ikannya sudah saya jadikan ikan asin," ujarnya.

Kepala Satuan Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (PSDKP) Palembang, Maputra Prasetyo,

"Hiu ini bukan spesias ikan yang dilindungi Undang-Undang (UU), sama seperti hiu macan dan martil. Karena tidak termasuk jenis hewan langka," kata Maputra Prasetyo, Kepala Satuan Ditjen PSDKP Palembang.

Habitat ikan hiu ini sebenarnya hidup di perairan dengan kadar garam yang tinggi atau air asin. Kemungkinan masuknya ikan hiu cucut ini, karena aliran Sungai Musi yang berbatasan dengan muara laut.

Masuknya ikan hiu ini di Sungai Musi kemungkinan karena desalinasi atau proses hilangnya kadar garam berlebih dalam air saat musim kemarau. Kondisi alam ini juga sering terjadi di beberapa daerah lain.

"Namun ada banyak juga faktor alam lainnya, sehingga ikan hiu jenis cucut ini masuk ke perairan Sungai Musi," ucapnya.

Biasanya ukuran normal ikan hiu jenis cucut ini bisa lebih dari 1 meter. Namun karena bukan habitatnya, ikan hiu ini tidak akan bertahan lama hidup di perairan jenis air tawar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Lelucon Warganet

Penemuan ini juga membuat heboh warganet, setelah diposting di akun media sosial (medsos) Instagram dengan akun @palembang_bedesau.

Video penemuan ikan hiu cucut yang diposting pada hari Sabtu (7/9/2019) mendapat banyak komentar lucu dari warganet di Instagram.

Bahkan migrasi hewan yang hidup di lautan ke sungai tawar ini, dikaitkan dengan perpindahan Ibu Kota Jakarta ke Pulau Kalimantan.

Ibu kota pindah, ikan hiu pun ikut pindah ke Sungai Musi. Jakarta banyak orang dusun najur, jadi takut dia,” tulis akun @panggilan_yok.

Sama halnya ditulis akun @ari.kurniawan04 yang juga membahas isu perpindahan Ibu Kota Jakarta yang dikaitkan dengan migrasi hiu cucut ke Sungai Musi ini.

Hiu itu dari Jakarta, tidak mau ikut pindah ke Kalimantan. Dia milih pindah ke Sumatera,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat