uefau17.com

Kebakaran di Bondo Maroto Sumba, Warga Satu Kampung Berduka - Regional

, Kupang - Kampung adat Bondo Maroto, salah satu destinasi wisata budaya di Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa, 11 September 2018 dini hari, ludes terbakar.

Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Jelamu mengatakan kebakaran itu menghanguskan 16 rumah adat milik masyarakat adat.

Menurut pria yang akrab disapa Umbu itu, Desa Kalambe Kuni, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat itu merupakan salah satu kampung adat masyarakat setempat.

"Hanya satu rumah saja yang tidak terbakar dalam peristiwa itu," kata Marius kepada , Selasa, 11 September 2018.

Ia mengatakan, api cepat merambat karena seluruh bangunan rumah adat beratap alang-alang. "Api dengan cepat merembet ke semua bangunan yang ada di kampung adat itu," katanya.

Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran 16 rumah di kampung adat Bondo Maroto yang merupakan salah satu situs budaya di daerah itu.

"Penyebabnya belum diketahui karena peristiwa kebakaran ini terjadi pada malam hari. Ada yang informasi yang menyatakan akibat lampu petromak namun belum bisa dipastikan," Marius menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendataan Korban dan Kerugian

Ia mengatakan, peritiwa kebakaran itu tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa, tetapi sekitar 28 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Saat ini, BPBD setempat sedang melakukan pendataan terhadap korban bencana alam kebakaran kampung adat Bondo Maroto untuk mempermudah pendistribusian bantuan.

Ia mengatakan, petugas BPBD setempat masih berada di lokasi kebakaran untuk melakukan validasi data korban kebakaran karena satu rumah adat dihuni lebih dari satu keluarga.

"Memang ada 16 rumah adat yang terbakar namun biasanya dalam rumah adat dihuni lebih dari satu kepala keluarga," Marius menambahkan.

Dia menambahkan, BPBD juga melakukan pendataan terhadap siswa sekolah yang juga tertimpa musibah dalam peristiwa itu.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat