uefau17.com

Kaji Peluang Anies Baswedan, PKS: Kita Partai Pemenang, Ingin Kader Jadi Cagub atau Wagub - Pemilu

, Jakarta - Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian mengatakan, partainya membuka peluang mengusung Anies Baswedan di pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta. Sebab, DPW PKS Jakarta mengusulkan nama Anies untuk diusung.

"Kami tentu memperhatikan Pak Anies karena Pak Anies adalah aspirasi dari pengurus DPW PKS Jakarta. Jadi ini sudah masuk ke DPP dan tentu DPP akan memutuskan dari komunikasi kita selama ini," kata Pipin, di Jakarta, Minggu (9/6/2024).

Namun, Pipin menegaskan sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS menginginkan agar kadernya yang maju di Pilgub Jakarta.

"Pak Presiden (Ahmad Syaikhu) sebelumnya sudah menyampaikan bahwa kami menghendaki untuk kepala daerah terutama DKJ karena kita adalah pemenang pemilu maka kita ingin kader PKS yang jadi gubernur atau wakil gubernur DKI ke depan," tegas dia.

Oleh sebab itu, pihaknya terus melakukan kajian apakah Anies akan diusung oleh PKS atau tidak di Jakarta.

"Ini tentu kami kaji untuk jadi bahan pertimbangan kami apakah PKS memutuskan Pak Anies atau tidak," ungkap Pipin.

"Jadi saya kira masih dinamis tentu diperhitungkan Pak Anies diperhitungkan tapi kami melihat dari yang sisi yang lain misalnya wakilnya siapa. Atau kalau kami punya kader yang kuat mungkin bisa jadi kader PKS yang akan dimunculkan," imbuh Pipin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PDIP Buka Peluang Usung Anies di Pilkada Jakarta, Sudah Jalin Komunikasi dengan PKB

Sementara itu, PDIP tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kerja sama politik dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilkada Jakarta 2024.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan PKB, termasuk soal Pilkada Jakarta.

"Tadi dalam pembicaraan informal, saya juga sudah sampaikan dengan Pak Muhaimin Iskandar, kemungkinan kita akan melakukan kerja sama politik masuk di dalam Pilkada Jakarta," kata Basarah kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

Apabila kerja sama politik ini nantinya dapat terwujud, maka tidak menutup kemungkinan jika partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri juga akan mendukung Anies Rasyid Baswedan.

"Kalau kemungkinan PKB mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta, maka ketika kerja sama kami dengan PKB direalisasi dalam Pilkada Jakarta, sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB dalam hal ini Pak Anies Baswedan, dibicarakan dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDI Perjuangan," ujarnya.

"Tapi sekali lagi, tahapan pembicaraan, pembahasan mengenai pilkada dki jakarta, dan saya kira Pilkada di tempat lainnya, masih proses pengerucutan belum sampai kesimpulan apalagi keputusan," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Kata PKS soal Kaesang Ingin Duet dengan Anies di Pilkada Jakarta 2024

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta menanggapi soal keinginan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep duet dengan Anies Baswedan jika maju di Pilkada Jakarta 2024.

Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Abdul Aziz menyatakan, dinamika politik masih cair. Menurutnya, duet Anies-Kaesang bukanlah hal yang mustahil jika tujuan yang ingin dicapai sama-sama demi kebaikan Jakarta.

"Selama kita punya satu tujuan yang sama untuk memajukan Jakarta dan membahagiakan warganya semuanya mungkin," kata Aziz kepada , Rabu (5/6/2024).

PKS, lanjut Aziz terbuka untuk berkoalisi dengan partai politik (parpol) manapun. Mengingat, PKS tidak bisa mengusung sendiri bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jakarta 2024.

"Segalanya masih mungkin, karena PKS tidak bisa mencalonkan sendiri harus koalisi dan kami terbuka berkoalisi dengan partai manapun," ujarnya.

Adapun DPW PKS Jakarta memutuskan mengusung Anies Baswedan untuk Pilgub Jakarta 2024. Usulan itu, telah disampaikan DPW PKS Jakarta kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS.

Namun, hingga saat ini DPP PKS belum memutuskan secara resmi siapa sosok cagub-cawagub yang akan diusung maju pada Pilgub Jakarta 2024.

 

 

4 dari 4 halaman

Kaesang Ingin Duet dengan Anies

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep buka suara setelah namanya santer dikabarkan masuk bursa Pilkada Jakarta 2024.

Kaesang mengaku jika dihadapkan pada dua pilihan, maka memilih maju jadi calon gubernur Jakarta ketimbang jadi calon wali kota Solo.

"Kalau bisa disuruh pilih nih, pilih Jakarta," kata Kaesang Pangarep dalam akun YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, dikutip merdeka.com, Selasa (4/6/2024).

Terkait sosok pasangan yang dipilih, adik wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka itu mengaku memilih mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

"Mungkin duet dengan Pak Anies" ucap Kaesang.

Menurutnya, duet dengan Anies bukan sesuatu yang tidak mungkin bisa terwujud. Dengan modal perolehan kursi PSI di Jakarta, Kaesang optimistis semua bisa terjadi.

"Kan posisinya Pak Anies belum ada partai, sedangkan aku di Jakarta punya delapan kursi. Bisa (masuk) kalau mau," ucapnya.

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat