uefau17.com

Jelang Debat Capres di Istora Senayan, Anies Baswedan Pamit ke Tetangga - Pemilu

, Jakarta - Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan akan mengikuti debat ketiga Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 di Istora Senayan, GBK, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

Dengan didampingi sang istri, Fery Farhati Ganis pamit ke tetangga.

Pantauan di lapangan, Anies Baswedan bersama istrinya berjalan kaki menghampiri tetangga yang berkumpul di depan. Tetangganya mendekati dan berjabat tangan.

Tanpa sungkan, ia meladeni dan meminta didoakan agar debat capres Pilpres 2024 berjalan lancar.

"Makasih ya makasih ya, doain ya," kata Anies, Minggu (7/1/2024).

Anies mengatakan, inilah indahnya hidup di perkampungan.

"Ini seru tinggal kampung, kalau mau pergi pamit ke tetangga-tetangg," ujar dia.

"kalau hidup enggak di kampung enggak bakal dapet momen begini," timpal Anies.

Anies bersama Istri pun berangkat dengan menumpangi mobil Alpard hitam. Dia meninggalkan kediaman di Jalan Lebak Bulus Dalam II, Jakarta Selatan pada pukul 17.45 WIB.

Sebelumnya, sebanyak 3.041 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal debat capres Pilpres 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

"Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Minggu (7/1/2024).

Trunoyudo merinci, 3.041 personel gabungan terdiri dari 2.877 personel Polri, 120 personel TNI dan 94 personel Pemda DKI Jakarta.

"Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan debat capres-cawapres ketiga melalui satgas preemtif, preventif, humas dan bantuan operasi," tutur Trunoyudo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akses Pintu di GBK dan Rekayasa Lalu Lintas

Trunoyudo menerangkan dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa di antaranya juga akan dilakukan penutupan sebagai bagian dari pengamanan.

Pintu akses yang ditutup yakni pintu 1, 2, 3, 4, 6, 9, 11, dan 12. Sedangkan untuk pintu 5 dan 8 hanya digunakan untuk akses keluar.

"Sedangkan untuk pintu 7 dan 10 digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar," ucap dia.

Lebih lanjut, Trunoyudo menuturkan Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK. Namun, penerapan rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional, tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi,

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diarahkan lurus ke arah Jalan Hang Tuah Raya,

3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju ke Jalan Pintu Senayan diarahkan lurus ke Jalan Jenderal Sudirman.

3 dari 3 halaman

KPU Pastikan Kesiapan Debat Capres di Istora Senayan Minggu 7 Januari 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis kesiapan terkait penyelenggaraan debat calon presiden (capres) pada Minggu, 7 Januari 2024. Adapun tempat yang dipilih adalah Istora Senayan, Jakarta.

Komisioner KPU August Mellaz menyampaikan, pelaksaan debat capres akan bekerja sama dengan media penyelenggara yakni MNC Group ditambah dengan Garuda TV.

"Sebagaimana pelaksaan debat kedua kemarin kami sudah melakukan evaluasi dan koordinasi, baik KPU dengan tim paslon dan KPU dengan media penyelenggara," ujar August di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

August menyatakan, KPU telah menyiapkan dua moderator dalam debat capres ketiga yaitu Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki yang merupakan jurnalis dari MNC Group. Sementara ada 11 panelis yang telah dipastikan terlibat.

"Kami juga sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan 11 panelis yang mendapatkan tugas menyusun pertanyaan. Mulai malam ini akan dilakukan karantina di tempat di Jakarta," jelas dia.

Lebih lanjut, kata August, format debat pilpres 2024 termasuk alur dan durasi tidak berubah sebagaimana yang telah dilakuan sebelumnya. Kali ini, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo akan menjadi yang pertama dalam memulai pada segmen satu.

"Dimulai oleh calon presiden nomor urut tiga," August menandaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat