uefau17.com

Gerakan Nusantara Jatim Apresiasi Kepedulian Anies Baswedan terhadap Budaya dan Masyarakat Adat - Pemilu

, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan komitmennya untuk melindungi dan melestarikan hak-hak sipil masyarakat, terutama aspek budaya, spiritualitas kebangsaan, serta kelompok-kelompok adat kenusantaraan yang menjadi pilar Indonesia.

Hal itu ditunjukkan saat capres nomor urut 1 Anies Baswedan berkunjung ke wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, dan salah satunya menyapa Tokoh-Tokoh Adat dan masyarakat Suku Osing.

Sekretaris Gerakan Nusantara untuk AMIN atau Anak Muda Satu Nusa Satu Suara untuk Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar wilayah Jawa Timur, Mohammad Halili yang ikut membersamai kegiatan Anies Baswedan mengatakan hadirnya beliau menyapa masyarakat di Banyuwangi, khususnya warga Suku Osing, menunjukkan komitmen beliau dalam memberikan perlindungan bagi masyarakat adat, termasuk mendorong agar aktivitas adat terus berjalan.

"Kami melihat bagaimana Pak Anies benar-benar punya komitmen serius menjaga dan melestarikan kesenian, sosio kultural, seperti komunitas Osing, yang menurut kami bisa mewakili isu masyarakat adat lainnya yang harus mendapat dukungan dan perlindungan dari negara," kata Mohammad Halili dalam keterangan yang diterima, Senin (1/1/2024).

Kata Halili, sudah sepatutnya negara, khususnya seorang pemimpin, mampu memberikan perhatian lebih kepada seluruh rakyat, kelompok-kelompok adat, sosio kultural, komunitas kenusantaraan, bahkan kelompok marjinal. Karena, sejatinya Indonesia merupakan negara yang kaya akan ragam budaya dan kultural.

"Tadi Pak Anies sampaikan akan mendorong pemerintah daerah untuk membuat peraturan daerah terhadap seniman-seniman dan pegiat budaya, karena kebudayaan tak boleh dinomorduakan dan beliau tadi juga ada mendengar keluhan-keluhan yang dirasakan oleh seniman dan pegiat daerah serta komunitas-komunitas ini selama ini," ujar Halili

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Bangun Sumber Daya Manusia Unggul

Sejalan dengan itu, Halili mengungkapkan bahwa pasangan Anies-Muhaimin juga punya komitmen yang tinggi dalam membangun sumber daya manusia yang unggul.

"Menurut kami, pasangan AMIN ini memberikan ruang dan kesempatan yang luas bagi generasi muda untuk mengekspresikan kemampuannya, bakat, hobi, sembari tetap mendorong penguatan fondasi kebangsaan, kenusantaraan yang dibutuhkan agar bangsa dan generasi ini kuat", tegas Halili.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat