uefau17.com

Demokrat dan Tim 8 Temui SBY Malam Ini di Cikeas, Bahas Elektabilitas Anies yang Menurun - Pemilu

, Jakarta Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Renanda Bachtar mengatakan pertemuan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan Tim 8 ke kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) salah satunya karena elektabilitas Anies yang menurun.

"Nah, tentu saja ini dalam konteks kita ingin memastikan apa yang menjadi kendala atau tantangan dalam Koalisi Perubahan hari ini. Kan tentu semua tahu yaitu elektabilitas bacapres Mas Anies yang memang menurun," kata Renanda di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).

Menurut Renanda, turunnya elektabilitas Anies Baswedan karena belum adanya kepastian deklarasi cawapres bagi Anies. Renanda menyebut hal tersebut telah memengaruhi konstituen.

"Sedikit banyak itu tentu ada pengaruh di konstituen apakah betul koalisi ini akan berlayar. Apakah Mas Anies nanti benar-benar juga akan maju, apakah ini memang solid," jelas Renanda.

Oleh sebab itu, Renanda menyampaikan, sisa waktu yang ada akan digunakan dengan melakukan kerja-kerja untuk segera memperbaiki elektabilitas Anies Baswedan.

Selain itu, lanjut Renanda, pertemuam ini juga akan membahas soal hasil pertemuan Anies Baswedan beserta Tim 8 dengan Surya Paloh pada Kamis malam, 24 Agustus 2023. SBY dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut juga ingin mendengar hasil pertemuan antara Anies dan Tim 8 dengan Surya Paloh.

"Mengingat memang kita semua tahu waktu terus berjalan dan tentu saja apa yang menjadi hasil pembicaraan dengan Pak Surya Paloh kemarin juga ingin didengar langsung oleh Ketua MTP dan Ketua Umum kami, Mas AHY," kata Renanda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surya Paloh Ragukan Hasil Lembaga Survei yang Menempatkan Anies di Urutan Ketiga

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh meragukan hasil sejumlah lembaga survei yang menempatkan bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Koalisi Perubahan Anies Baswedan di urutan ketiga.

"Apakah benar apa yang digambarkan oleh katakanlah lembaga-lembaga survei yang menempatkan komposisi ranking Anies Baswedan tetap di urutan ketiga?" kata Surya Paloh usai Pertemuan Koalisi Perubahan di Jakarta, Kamis malam, 24 Agustus 2023.

Dia mengatakan hasil survei tersebut adalah salah satu poin yang dibahas dalam pertemuan Koalisi Perubahan pada Kamis malam.

"Dari apa yang kita pahami ini terjadi diskusi yang cukup menarik. Sejujurnya, dengan segala hormat kita kepada lembaga-lembaga survei, banyak juga yang tidak tepatnya," ujar Surya Paloh.

Ia mengatakan hasil survei internal Koalisi Perubahan justru menunjukkan hasil yang berbeda. "Ya, memberikan pencerahan optimisme yang lebih tinggi," ujar Surya Paloh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat