uefau17.com

Survei Litbang Kompas, Ridwan Kamil Jadi Salah Satu Tertinggi Sebagai Cawapres - Pemilu

, Jakarta Litbang Kompas telah merilis hasil survei yang dilakukan 27 Juli-7 Agustus 2023 yang salah satunya memotret tokoh yang memiliki elektabilitas mumpuni sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024.

Hasilnya, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih posisi teratas sebagai cawapres. Selain itu nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dan Manteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, mengikuti di bawahnya.

Ridwan Kamil memperoleh 8,4%. Sedangkan pesaingnya, Sandiaga Uno berada di bawahnya dengan raihan 8,2% dan Erick Thohir dengan 8,0%.

Padahal, dalam hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Mei 2023, Ridwan Kamil berada di posisi kedua.

Secara otomatis kini ada dua nama cawapres potensial dalam koalisi yang mendukung Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres). Yakni Ridwan Kamil sebagai wakil ketua umum bidang penggalangan pemilih Partai Golkar dan Erick Thohir yang belakangan ini sering ditawarkan oleh PAN untuk menjadi cawapres.

Survei Litbang Kompas dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan jumlah total responden sebanyak 1.364 orang. Seluruhnya dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Tingkat kepercayaan atas survei tersebut mencapai 95 persen dengan margin of error penelitian lebih kurang 2,65 persen. Survei tersebut secara penuh dibiayai oleh Harian Kompas.

Sebelumnya, Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto diprediksi akan semakin kuat di Jawa Barat (Jabar). Hal itu dikarenakan adanya kekuatan tambahan dari basis pendukung di akar rumput.

Terlebih, Golkar yang juga ikut masuk ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dinilai mampu memberikan tambahan dukungan kepada Prabowo khususnya di Jabar.

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran Ari Ganjar Herdiansah menyebut ada faktor Ridwan Kamil selaku Gubernur Jabar yang mampu memperkuat Prabowo.

Pasalnya, Ridwan Kamil merupakan kader terbaik Golkar dan juga elektabilitasnya yang tinggi di Jabar. Dengan elektabilitas dan popularitasnya yang tinggi dianggap mampu memberikan tambahan elektoral terhadap Prabowo di basis pendukung akar rumput.

"Ridwan Kamil punya elektabilitas dan popularitas tinggi di Jabar, basis suara Prabowo diprediksi akan mendominasi," kata Ari Ganjar, Jumat (18/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RK Bakal Tegak Lurus dengan Golkar Dukung Prabowo

Menurut Ari Ganjar, di atas kertas Prabowo sudah sangat kuat di Jabar dan kecil kemungkinan bisa diimbangi oleh kandidat capres yang lain.

Ridwan Kamil sendiri menurut Ari Ganjar akan tegak lurus terhadap partainya untuk ikut mendukung Prabowo di Pilpres 2024.

Dukungan tersebut sangat berarti bagi Prabowo dan dinilai mampu memperkuat arah dukungan pemilih Jabar. Menurut Ari Ganjar, sebagai seorang kader terbaik Golkar Ridwan Kamil tidak akan berpaling dari Prabowo dan akan terus mengikuti partainya.

"Ridwan Kamil akan tegak lurus dengan partai mendukung Prabowo, dia tidak akan keluar dari pilihan Golkar," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat