uefau17.com

Berani Ambil Risiko untuk Kepentingan Rakyat, Erick Thohir Dinilai Jadi Cawapres Bernyali Besar - Pemilu

, Jakarta - Menteri BUMN, Erick Thohir disebut sebagai sosok yang berani mengambil resiko untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sosok Erick Thohir dinilai sebagai pemimpin paling berani menerapkan banyak kebijakan pro rakyat.

"Posisinya dalam kabinet pemerintahan tentu saja merupakan capaian,” tutur Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi dikutip Selasa (13/6/2023).

Karenanya, lanjut dia, tidak mengherankan jika Erick Thohir dipandang sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang punya bernyali besar. Sifat tegas dan berani ambil resiko menjadikan Erick Thohir cawapres favorit semua kalangan masyarakat.

Erick Thohir, papar dia, banyak dinilai masyarakat sebagai cawapres paling kompeten untuk memimpin Indonesia ke depan. Ketua Umum PSSI ini memiliki kapasitas yang sangat dibutuhkan oleh Bangsa Indonesia.

“Dan reputasi yang memerlukan kepiawaian, nyali dan keberanian dalam mengambil peluang dan resiko," kata Ade.

Menurut dia, karakteristik kepemimpinan Erick Thohir menjadi modal penting untuk maju cawapres pada Pilpres mendatang. Erick Thohir dinilainya sangat mampu untuk dapat bersaing di kancah perpolitikan Tanah Air.

Karakter tegas Erick Thohir, lanjutnya, semakin menjadikannya figur pemimpin tepat untuk Indonesia ke depan. Tangan dingin Erick Thohir, dia menilai, dapat menghadirkan kesejahteraan merata kepada seluruh masyarakat.

"Soal nyali dan keberanian telah ditunjukkan oleh Erick Thohir dan dapat menjadi salah satu modal penting dalam menghadapi kerasnya kompetisi politik di Indonesia," jelas Ade.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Didukung Pemilih dari Pulau Jawa

Nama Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) belakangan ini mendapatkan penilaian yang tinggi dari berbagai lembaga survei. Merujuk pada lembaga survei Indikator Politik Indonesia periode 26-30 Mei 2023 menunjukkan jika elektabilitas menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut sangat kuat.

Ia terekam memiliki elektabilitas tertinggi di antara kandidat cawapres lainnya yakni di angka 15,5 persen. Adapun dukungan itu tersebar di seluruh wilayah Pulau Jawa.

Menurut Peneliti Senior Surabaya Survei Center Surokim Abdussalam jika elektabilitas Erick Thohir saat ini semakin menguat. Terutama untuk di daerah DKI Jakarta, Banten dan juga Jawa Tengah (Jateng)/DIY.

“DKI termasuk pemilih rasional ya paling banyak, dan Banten itu pemilih menengah ke bawah. Jadi saya lihat ini cukup kombinatif ya dukungan Erick Thohir itu,” kata Surokim.

Merujuk pada hasil survei yang dikeluarkan oleh Indikator Politik Indonesia, Ketua Umum (Ketum) PSSI itu unggul di beberapa wilayah besar di Indonesia. Termasuk, Banten DKI Jakarta, dan Jateng/DIY.

Di Banten, Erick Thohir unggul jauh dari para pesaingnya. Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu sukses mengantongi nilai tertinggi dibandingkan kandidat lainnya. Erick Thohir sukses menorehkan angka elektabilitas sebesar 24,0 persen.

Kemudian di DKI Jakarta, lagi-lagi Erick Thohir melesat jauh meninggalkan kandidat lainnya. Di Ibukota, Ketum PSSI tersebut meraup angka elektabilitas 29,8 persen.

Sedangkan di Jawa Barat, Erick Thohir bersaing ketat dengan Ridwan Kamil yang meraup angka sebesar 38,3 persen dan hal serupa juga terjadi di Jawa Timur, dimana Erick Thohir menempel ketat perolehan Menkopolhukam Mahfud MD dengan perolehan nilai 25,2.

Lalu, kejutan terjadi pada calon pemilih di Jateng/DIY. Di wilayah tersebut, Erick Thohir unggul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Erick Thohir mengantongi angka 16,8 sedangkan Ridwan Kamil mendapatkan 14,6.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat