uefau17.com

Motor Listrik Honda EM1 e: Ternyata Masih Pakai Aki Seperti BeAT - Otomotif

, Jakarta - Meskipun berstatus sebagai motor listrik, ternyata Honda EM1 e: masih menggunakan aki 12 volt. Fungsinya, untuk menghidupkan speedometer, lampu, stoplamp dan juga lampu sein. Kalau pada motor berbahan baku bensin, pengisian aki atau baterai 12 volt berasal dari spul atau generator.

Sementara untuk motor listrik seperti Honda EM1 e:, pengisian aki berasal dari baterai utama atau Honda Mobile Power Pack.

Disitat dari laman resmi Wahana Honda, tegangannya diubah melalui komponen down regulator agar Listrik bisa disimpan di aki. Secara sederhana, komponen down regulator pada motor listrik Honda EM1 e: berfungsi mirip dengan kiprok pada motor bensin.

Soalnya, selain mengatur arus dari spul, kiprok juga mengubah arus yang berasal dari spul atau generator menjadi 12 volt agar bisa disimpan di aki.

Jenis aki yang digunakan Honda EM1 e: sesungguhnya sama seperti aki yang digunakan oleh Honda BeAT. Di mana aki tersebut seperti aki motor pada umumnya, dengan spesifikasi 12 volt 3 ampere hour.

Sementara Honda EM1 e: menggunakan aki dengan tipe YTZ4A, sama dengan yang digunakan Honda BeAT.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Mudah Ganti Aki

Namun, untuk mengganti aki motor listrik seperti Honda EM1 e: tidak semudah mengganti aki seperti di motor bensin pada umumnya.

Untuk melepasnya juga tidak semudah mengganti aki seperi di motor bensin. Dan butuh alat khusus yang tersedia di AHASS untuk melepas aki 12 volt Honda EM1 e:

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat