uefau17.com

Warisan Legasi Le Mans, Ford Mustang GTD Meluncur Rayakan Ulang Tahun ke-60 - Otomotif

, North Carolina - Pesta untuk yubileum ke-60 Mustang tak berhenti pada paket edisi spesial Ford Mustang 60th Anniversary yang bisa didapati pada Ford Mustang GT Premium. Ford meluncurkan kendaraan hasil homologasi ajang balap endurance 24 Hours of Le Mans untuk mengaspal di jalanan.

Dia adalah Ford Mustang GTD 2025 yang akan dijual terbatas dengan performa mobil balap yang disesuaikan untuk jalanan umum. Tak hanya terbatas, pemesanannya juga terbilang sulit karena perusahaan ingin berinteraksi lebih dengan pemilik kendaraan eksklusifnya ini.

Ford telah meluncurkan situs web untuk mengajukan hak istimewa membayar sejumlah ton uang tunai bagi para antusias dan kolektor di Kanada dan Amerika Serikat. Sementara Meksiko, Eropa, dan Timur Tengah akan kebagian gilirannya pada bulan Juni.

Matt Simpson, general manager vehicle enthusiast Ford, mengatakan kepada MotorTrend bahwa perusahaan ingin memproduksi sejumlah angka yang ambisius, yaitu 300 hingga 700 GTD per tahun dengan produksi yang dimulai antara akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Sementara untuk harganya, Ford mengatakan GTD akan dibanderol di kisaran harga mulai US$325 ribu atau setara Rp 5,2 miliar. 

Mustang GTD adalah versi homologasi yang lahir dari konsep mobil balap Mustang GT3 yang diharapkan untuk meraih kemenangan saat kembali ke Le Mans pada 15-16 Juni mendatang.

GTD pada dasarnya adalah lamunan dari divisi mobil sport Ford, yang entah bagaimana diberi lampu hijau oleh Jim Farley, dan kini terjun sebagai perayaan 60 tahun kendaraan paling ikonik di Amerika tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Rangkaian Penyesuaian Pada Mustang GTD 2025

GTD akan mengalami penyesuaian yang dijanjikan akan menghasilkan output tenaga lebih dari 800 tenaga kuda dengan transmisi transaxle 8-percepatan yang dipasang di belakang.

Penanganan ditingkatkan dengan bantuan peredam spool-valve Multimatic DSSV yang eksotis, yang dipadukan dengan pegas koil ganda di bagian depan, serta unit serupa yang tersusun kantilever secara melintang di bagian belakang.

Rangkaian elemen aerodinamis aktif juga turut disematkan untuk memungkinkan perubahan cepat antara konfigurasi downforce maksimal dan drag minimum. Sistem kontrol traksi variabel yang canggih juga dibenamkan ke GTD.

Serangkaian rombakan ini dilakukan untuk memenuhi hasrat divisi mobil balap 'Ford Blue' selagi GTD tidak terikat peraturan Le Mans, di mana sebagian besar fitur yang disebutkan dilarang dalam kompetisi.

"Perayaan hari ini dan penambahan produk baru kami pada jajaran Mustang mencerminkan semangat kebebasan dan kesenangan yang telah menjadi landasan kesuksesan Mustang selama enam dekade – dan kini menginspirasi teknologi untuk menjaga Mustang tetap melaju ke masa depan," kata Jon Williams, general manager Ford Blue Eropa dalam keterangan resmi.

 

 

3 dari 4 halaman

Syarat Untuk Masuk Seleksi Pemilik Ford Mustang GTD 2025

Mengenai pemesanan, Ford nampak melakukan gatekeeping untuk membuat GTD lebih eksklusif walau memiliki volume yang terbilang banyak untuk persyaratan rumit seperti ini. Namun itulah Ford.

Ford tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa pembeli GTD miliknya sebagai pertimbangan untuk menjualnya kepadanya.

Dalam pendaftaran pembelian GTD, aplikasinya lebih seperti mengisi survei atau melamar menjadi brand ambassador Ford ketimbang membeli mobil.

Namun bisa dipahami karena langkah ini dilakukan untuk mencegah pembeli yang melihat GTD hanya sebagai investasi berbentuk mobil cantik. Bahkan Ford akan mencegah pemilik menjual GTD mereka selama selang waktu 2 tahun.

Dari laporan MotorTrend, ajuan pemesanan tersebut membutuhkan identitas spesifik pembelinya yang dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Saya adalah/dulu pemilik Ford Mustang®
  • Saya aktif dalam komunitas motorsport
  • Saya memiliki kendaraan berperforma serupa dari pabrikan lain
  • Saya memiliki kendaraan Ford atau Lincoln
  • Saya/perusahaan saya terlibat dengan Ford ProTM (Armada, Modifikasi, Upfitter, Konverter)
  • Saya seorang kolektor mobil
  • Saya menganggap diri saya sebagai pemberi pengaruh opini publik
  • Saya/perusahaan saya menggunakan kendaraan Ford yang berkaitan dengan kegiatan amal

Ford juga ingin tahu lebih banyak tentang koleksi mobil pembelinya yang jika dapat dibuktikan mungkin akan membuat calon pembelinya terseleksi masuk dalam daftar.

Jika pembelinya adalah seorang influencer, Ford ingin mengetahui sejauh mana jangkauan pengaruhnya dan bagaimana mereka membentuk opini publik.

4 dari 4 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat