uefau17.com

Toyota GR Yaris Transmisi Otomatis Dikabarkan Bakal Debut di Tokyo - Otomotif

, Jakarta - Toyota GR Yaris cukup diterima oleh pecinta otomotif dunia. Namun, jemana asal Jepang ini, telah memiliki cara untuk bisa meningkatkan penjualan model performa tinggi tersebut.

Dikabarkan, pabrikan Negeri Matahari Terbit ini, akan memperkenalkan varian transmisi otomotis di gelaran Tokyo Auto Salon, pada awal 2024.

Saat ini, toyota GR Yaris ditawarkan secara eksklusif dengan transmisi manual enam percepatan. Namun, Toyota telah mengerjakan transmisi delapan kecepatan baru yang disebut GR-DAT atau Direct Auto Transmission yang diyakini akan memberikan pengalaman yang cukup menarik bagi pengemudi.

Sudah digunakan dalam prototipe mobil balap GR Yaris, Pimpinan Toyota Akio Toyoda menyebutkan sebagai pengubah permainan.

Japan Mag X melaporkan, transmisi ini akan segera dipasang di model produksi bernama Toyota GR Yaris RZ-H yang yang ditampilkan di Tokyo Auto Salon, yang berlangsung mulai 12 hingga 14 Janauri 2024.

Disitat dari Carscoops, sistem transmisi ini dianggap sebagai girboks yang menjembatani kesenjangan antara manual yang menarik tapi sulit dipejalari, dan otomotis yang mudah digunakan tapi tidak tepat. Toyoda mengatakan, transmisi tersebut membantu mengurangi waktu putarannya sehingga mampu bersaing dengan profesional.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengujian

Sementara itu, untuk menguji transmisi ini, Toyota memberikan kesempatan kepada pembalap Hiroaki Ishiura.

"Di arena pacuan kuda, AT biasa terasa licin (karena mekaniknya), sehingga Anda tidak merasakan adanya koneksi langsung dengan perseneling," ujar Ishiura, kepada majalah Toyota Times, pada Oktober lalu.

Seperti diketahui, saat ini Toyota GR Yaris memiliki tenaga hingga 200 kW dengan torsi maksimum 370 Nm, dan akan meningkat menjadi tenaga 221 kW dengan torsi maksimum 370 Nm untuk menyamai hot hatch GR Corolla yang lebih besar, dan sudah diperkenalkan tahun lalu.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat