uefau17.com

Menguji Chery Tiggo 7 Pro dari Jakarta ke Yogyakarta: SUV Wah dengan Fitur Melimpah - Otomotif

, Jakarta - Chery kembali ke Indonesia dengan menjelma menjadi brand otomotif premium. Pada 2022, jenama asal Negeri Tirai Bambu ini meramaikan pasar otomotif Tanah Air dengan menghadirkan dua SUV sekaligus, Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro.

Chery Tiggo 7 Pro menjadi salah satu mobil yang mencuri perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu. Saat itu, Presiden Jokowi menjajal langsung kursi kemudi Tiggo 7 Pro dan menikmati interior serta fitur yang ada di dalam kabin. Ia pun terkejut dengan harga jual Tiggo 7 Pro yang terjangkau namun kaya fitur premium.

Pada Juni 2023, harga Chery Tiggo 7 Pro (on the road Jakarta) dibanderol Rp 369.500.000 (Comfortable), Rp 399.500.000 (Luxury), Rp 430.500.000 (Premium), dan Rp 435.500.000 (Premium-two tone).

 pun berkesempatan untuk menguji kemampuan Chery Tiggo 7 Pro untuk mencari tahu apa yang membuat Presiden Jokowi kepincut. Pengujian dilakukan secara jarak jauh dengan berkendara dari Jakarta menuju Yogyakarta.

Akselerasi dan Konsumsi BBM Chery Tiggo 7 Pro

<p>Mesin Chery Tiggo 7 Pro. (/Raden Trimutia Hatta)</p>

Dilengkapi dengan mesin 1,5 liter turbo bertenaga 155 Hp pada 5.500 rpm, torsi puncak Chery Tiggo 7 Pro bisa menembus 230 Nm pada 1.750 - 4.000 rpm.

Saat diuji berkendara di ruas Tol Trans Jawa, akselerasi yang ditawarkan Chery Tiggo 7 Pro cukup memuaskan berkat turbo yang sudah aktif pada putaran rendah. Dalam pengujian, Chery Tiggo 7 Pro mampu melaju dari 0-100 km/h dalam waktu 10,4 detik dengan mode Power.

Berkat penggunaan transmisi CVT 9-percepatan, penyaluran tenaganya ke roda depan terasa halus. Mesin turbonya juga minim lag, baik di putaran rendah maupun saat kencang.

Untuk konsumsi BBM-nya, Chery Tiggo 7 Pro tidak bisa dibilang irit ataupun boros. Dalam pengujian menggunakan metode full to full dengan bensin beroktan 92 dan gaya berkendara santai di jalan tol,  mencatat konsumsi BBM Chery Tiggo 7 Pro di angka 13,1 km/liter, tak jauh berbeda dengan angka yang tertera pada Multi Information Display (MID) sebesar 13,7 km/liter.

Dengan dimensi panjang 4,500 mm, lebar 1,842 mm, dan tinggi 1,746 mm, Chery Tiggo 7 Pro memiliki suspensi yang cukup nyaman saat digunakan di jalan yang memiliki karakter bergelombang. Ketika bermanuver pada kecepatan tinggi pun terasa stabil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Eksterior Garang

Beralih ke sisi desain. Chery Tiggo 7 Pro memiliki tampilan eksterior yang modern dan garang. Terlihat dari grill yang besar berbentuk berlian dengan lampu utama pipih dilengkapi daytime running light (DRL) di sisi kiri dan kanan bagian bawah.

Kesan garang juga terpancar dari ground clearance yang tinggi ditambah ban berukuran 255/60 R18. Penggunaan kaliper rem cakram berkelir merah juga menambah kesan sporty.

<p>Chery Tiggo 7 Pro. (/Raden Trimutia Hatta)</p>

Secara keseluruhan, eksterior Chery Tiggo tampak seperti kombinasi desain dari sejumlah mobil yang sudah lebih dulu mengaspal. Seperti penempatan emblem berlogo T di bawah spion mengingatkan pada MINI Cooper S Countryman dengan Logo S di posisi yang sama.

<p>Chery Tiggo 7 Pro. (/Raden Trimutia Hatta)</p>

Selain itu, Chery Tiggo 7 Pro juga memiliki kemiripan desain dengan Toyota Fortuner generasi kedua pada bagian kaca di pliar C yang menyambung ke pilar D. Pada bagian belakang juga tampak seperti buritan Range Rover Evoque yang memiliki kaca tak terlalu lebar dan lampu yang menyatu dengan reflektor membentang dari sisi kiri ke kanan serta spoiler yang dinamis.

3 dari 6 halaman

Interior Rasa Eropa

Sejumlah orang yang diminta untuk menilai bagian interior Chery Tiggo 7 Pro, memiliki kesan yang sama: mewah seperti mobil Eropa. Mulai dari dashboard yang minimalis hingga tuas transmisi elektrik yang simple.

Keberadaan layar sentuh head unit floating 7 inchi yang multifungsi membuat bagian dashboard menjadi minim tombol fisik dan memiliki kesan modern. Rasa premium pada kabin Chery Tiggo 7 Pro juga tampak pada penggunaan material berbahan kulit mulai dari setir kemudi, jok, door trim, hingga dashboard.

LCD layar sentuh tak hanya ada pada bagian head unit, namun tersemat juga LCD Smart AC berukuran 8 inchi untuk mengatur suhu kabin dengan pendingin ganda. Tepat di bawahnya, Chery menempatkan wireless charging untuk pengisian daya smartphone secara nirkabel dengan sistem pengingat saat perangkat tertinggal di dalam mobil.

<p>Sunroof di Chery Tiggo 7 Pro. (/Raden Trimutia Hatta)</p>

Dari sisi perlindungan, Chery Tiggi 7 Pro memiliki 6 airbag yang tersebar di kabin depan dan tengah. Selain itu, keberadaan panoramic roof pada atap Chery Tiggo 7 Pro juga menambah kesan mewah yang berbeda dibanding SUV lain di kelasnya.

 

4 dari 6 halaman

Fitur Melimpah

Chery Tiggo 7 Pro dilengkapi beragam fitur canggih seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang meliputi Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC), Door Open Warning (DOW), Reverse Tendency Alert (RTA), Autonomous Emergency Braking (AEB), Front Collision Wheels (FCW), dan Blind Spot Detection (BSD). Selain itu, terdapat pula Intelligent Voice Assistant yang dapat berinteraksi melalui perintah suara untuk mengoperasikan fitur-fitur pada Tiggo 7 Pro.

Dengan mengatakan 'Hello Chery' atau dengan cara menekan tombol pada stir kemudi, Intelligent Voice Assistance cukup membantu saat ingin melakukan berbagai pengaturan pada mobil. Mulai dari membuka jendela, mengganti suhu kabin, membuka sunroof, hingga mengganti mode sistem hiburan.

Saat kecepatan tinggi, Intelligent Voice Assistance juga dapat menginformasikan mobil sedang melaju kencang dan sunroof hanya terbuka setengahnya. Namun sayangnya, fitur ini hanya bisa dijalankan dengan perintah suara berbahasa Inggris alih-alih bahasa Indonesia.

Saat berada di ruas Tol Trans Jawa,  mencoba mengaktifkan fitur ACC. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk berkendara tanpa perlu menginjak gas maupun pedal rem. Ketika mengaktifkan ACC, pengemudi bisa menentukan speed limit dan juga jarak dengan kendaraan di depannya.

Setelah diaktifkan, mobil dapat melaju sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan tanpa perlu menginjak pedal gas dan ketika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, Tiggo 7 Pro pun akan mengurangi kecepatan dengan mengerem secara otomatis dan menyesuaikan jarak kendaraan di depan.

Sayangnya, meskipun sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan canggih, lingkar kemudi Tiggo 7 Pro tidak dapat mengoreksi arah kendaraan saat mobil keluar dari marka jalan.

5 dari 6 halaman

Kesimpulan

Selama pengujian, Chery Tiggo 7 Pro menunjukkan performa yang memuaskan dengan akselerasi yang baik dan transmisi yang halus. Konsumsi bahan bakar juga cukup efisien, dan mobil ini memberikan kenyamanan saat berkendara di jalan yang bergelombang.

Dari segi desain, Chery Tiggo 7 Pro memiliki tampilan eksterior modern dan garang dengan beberapa elemen yang mirip dengan mobil-mobil lain yang telah ada. Interior mobil ini juga terlihat mewah dengan penggunaan material berbahan kulit dan fitur-fitur canggih seperti layar sentuh, pengisian daya smartphone nirkabel, panoramic roof, dan sistem keselamatan canggih.

Meskipun Chery Tiggo 7 Pro memiliki fitur-fitur keselamatan yang canggih, seperti sistem bantuan pengemudi dan peringatan tabrakan, namun lingkar kemudinya tidak dapat mengoreksi arah kendaraan saat keluar dari marka jalan.

Kesimpulannya, Chery Tiggo 7 Pro adalah SUV premium dengan harga terjangkau yang menawarkan performa baik, konsumsi bahan bakar efisien, desain modern, interior mewah, dan fitur-fitur canggih. Namun, semua itu perlu diimbangi dengan kehadiran dealer dan bengkel resmi yang dapat menyebar ke berbagai wilayah agar konsumen dapat merasa tenang saat kapanpun dan di manapun.

6 dari 6 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat