uefau17.com

Pakai Toyota GR Supra GT4, Pembalap TGRI Tuntaskan Race Pertama Kejuaraan GT Asia - Otomotif

, Jakarta - Seri pembuka GT World Challenge Asia 2023 yang berlangsung di Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand, berhasil menjadi momentum baik bagi tim balap pabrikan Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI).

Dalam race pertama yang digelar pada Sabtu (13/5/2023), Haridarma Manoppo, pembalap TGRI berhasil menjalankan misi dengan sangat baik sepanjang balapan. Sejak sesi latihan berbayar yang digelar Kamis (10/5/2023), Haridarma, menceritakan bahwa semua persiapan yang telah dijalankan mampu berjalan dengan baik.

"Semua berjalan lancar mulai dari saat Kamis latihan berbayar, sampai tadi kualifikasi dan balapan pertama, hasilnya memuaskan," buka Haridarma Manoppo, dalam keterangannya.

Dalam melakoni balapan ini, Haridarma Manoppo yang menggeber Toyota GR Supra GT4, ditandemkan dengan pembalap dari Jepang, Seita Nonaka.

Kerjasama keduanya pun berjalan lancar, kehadiran Nonaka tersebut mampu memberikan pengetahuan baru bagi Haridarma Manoppo mengenai bagaimana caranya untuk mengantisipasi pergerakan mobil selama balapan GT World Challenge Asia 2023

 

"Ya dia sangat membantu, kita sharing data serta sharing video. Kalau saya ada yang kurang pas selama mengemudikan mobil GR Supra GT4 ini, dia memberitahu bagaimana cara mengantisipasinya," tambahnya.

Setelah melakoni sesi kualifikasi yang digelar selama dua sesi, di mana masing-masing sesi berjalan 15 menit, kedua pembalap TGRI tersebut mampu memberikan hasil impresif.

Sementara saat balapan yang berlangsung 60 menit, Hari dan Nonaka sama-sama balapan selama 30 menit. Keduanya melakukan pergantian posisi di tengah-tengah jalannya balapan untuk mengikuti regulasi yang berlaku pada kejuaraan tersebut.

Meski sempat diguyur hujan saat akan memulai balapan, namun kedua pembalap yang berada di bawah bendera TGRI ini mampu menyelesaikan tantangan sepanjang balapan dengan hasil di podium pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi GR Supra GT4 Milik TGRI yang Bertarung di Ajang GT World Challenge Asia

Tim balap pabrikan Toyota Gazoo Racing Indonesia, memastikan diri untuk berlaga di ajang balap GT World Challenge Asia seri pertama yang berlangsung di Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand, pada akhir pekan ini (13-14/05/2023).

Dalam kesempatan tersebut, TGRI, menurunkan mobil balap Toyota GR Supra yang telah disesuaikan untuk kategori GT4. Sport car dua pintu ini telah mengalami modifikasi baik dari sisi performa, eksterior dan interior untuk meningkatkan kemampuannya di atas lintasan.

Dalam keterangannya, Haridarma Manoppo, pembalap TGRI yang nantinya akan menggeber Toyota GR Supra GT4 ini mengatakan, secara spesifikasi mobil yang ia gunakan masih sama dengan mobil GR Supra pada umumnya.

"Yang pasti shockbreakernya kalau yang ini (spec GT4) sudah diganti, berbeda dengan yang standar. Jadi handlingnya lebih enak. Tapi kalau mesinnya, memang sudah mengalami re-maping di bagian mesin," jelas Haridarma Manoppo.

Beberapa ubahan yang dilakukan di sektor luar, meliputi penyematan lips bumper depan, penggunaan window frame dari bahan karbon, penyematan bonnet pin di kap mesin, dan rear wing besar di bagian belakang.

Pada bagian kaki-kaki, velg pun kini menggunakan versi competitive besutan OZ Racing dengan ukuran diameter 18 inci serta dibalut dengan ban Pirelli P Zero berukuran 305/660 R18.

3 dari 3 halaman

Infografis Pembalap MotoGP 2023

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat