uefau17.com

Mobil Balap Audi RS3 TCR Ikut Mejeng di Pameran Modifikasi Indonesia - Otomotif

, Jakarta - Pameran modifikasi The Elite Showcase 2023 yang berlangsung di Hall 9 dan 10 ICE BSD, Tangerang (4-5/2/2023), tidak hanya dipadati mobil-mobil modifikasi ciamik. Namun, di lantai pameran tersebut turut menampilkan mobil balap berteknologi tinggi yakni Audi RS3 Touring Car Race (TCR).

Kehadiran mobil balap teranyar ini merupakan milik Glenn Nirwan, pembalap asal Balikpapan, Kalimantan Timur, adik dari pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia, Ryan Nirwan.

Menurut kabar yang beredar, kehadiran mobil balap ini akan ikut meramaikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap mobil touring yang bakal diselenggarakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menurut informasi dari laman Audi, mobil balap ini masih dipersenjatai dengan mesin bawaan pabrikan hanya saja ada beberapa tuningan yang membuatnya lebih agresif.

Jantung mekanis yang disematkan pada Audi RS3 TCR ini, menggendong mesin empat silinder segaris berkubikasi 2.0 liter turbocharged dan mampu menghasilkan tenaga 340 tk dengan torsi puncak hingga 420 Nm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Keperluan Balap

Mengingat mobil ini diproduksi untuk keperluan balap, maka beberapa piranti yang ada di interior terpaksa ditanggalkan dan dibiarkan kosong dengan menyisakan satu kursi untuk pengemudi untuk memangkas bobotnya.

Penggunaan materialnya pun diseleksi, dengan tujuan untuk memberikan akselerasi yang mumpuni sehingga beberapa bagian sudah tidak lagi berbahan pelat besi dan digantikan dengan bahan serat karbon.

Tampilan luarnya juga telah didesain dengan memperhatikan aerodinamika terbaik untuk mengalirkan angin dari depan ke belakang tanpa menghambat akselerasi mobil. Bahkan, beberapa komponen tambahan seperti front lip bumper, widebody, rear spoiler dan beberapa air intake juga dihadirkan untuk memberikan downforce lebih baik.

Di sektor kaki-kaki, mobil balap Audi RS3 TCR telah dibekali dengan velg kompetitif berdesain multispoke serta ban berperforma tinggi berukuran 265/35 R19. Untuk mendukung faktor keamananannya, pabrikan juga telah melengkapi aspek tersebut dengan mempersenjatainya lewat Big Brake Kit (BBK).

3 dari 3 halaman

Infografis Krisis Kepak Sayap Garuda Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat