uefau17.com

Suzuki Suntik Mati S-Cross, Ini Calon Penggantinya - Otomotif

, Jakarta - Meski masih dijual di Indonesia, Suzuki S-Cross di India mengalami nasib lebih buruk. Melansir autocarindia.com, Selasa (11/10/2022), baru-baru ini Maruti Suzuki resmi menyuntik mati Suzuki S-Cross.

SUV ini sudah tidak lagi diproduksi dan bahkan Suzuki S-Cross sudah tidak lagi tersedia di situs resmi Maruti Suzuki India, sebagai penanda resmi bahwa S-Cross tidak dipasarkan.

Posisi Suzuki SX4 S-Cross digantikan oleh Grand Vitara terbaru. SUV ini merupakan hasil kolaborasi antara Maruti Suzuki dan Toyota India, di mana kembarannya mengusung nama Toyota Hyryder.

Mobil ini dirancang sebagai SUV untuk segmen menengah, dengan kapasitas penumpang sebanyak 5 orang. Grand Vitara terbaru mempunyai bodi serba kompak dan tampilan yang gagah.

Beberapa keunggulan fitur mobil ini termasuk panoramic sunroof, kamera 360, 6 airbags, head unit baru serba canggih, lampu depan dan belakang LED, bisa terkoneksi dengan handphone, dan masih banyak lagi.

Ubahan utama pada mobil ini adalah hadirnya deretan mesin hybrid yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Tersedia dua pilihan mesin. Pertama adalah jeroan 1.500cc K15C mild hybrid andalan Suzuki yang menyemburkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi puncak sekitar 138 Nm. Mesin ini kurang lebih mirip seperti kepunyaan Ertiga hybrid di Indonesia.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke aspal melalui girboks manual 5 percepatan atau otomatis 6 percepatan. Ada pula opsi penggerak roda empat (4WD) yang hanya dipinang dengan girboks manual.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasibnya di Indonesia

Opsi lainnya adalah mesin 1.500cc tiga silinder Atkinson cycle buatan Toyota dengan semburan tenaga 79 hp dan torsi 141 Nm. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan motor listrik yang menghasilkan output 115 hp dan menyalurkan tenaga lewat girboks e-CVT.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Suzuki SX4 S-Cross hingga saat ini masih dijual secara resmi dan muncul di laman Suzuki Indonesia, meski berstatus Completely Built Up (CBU) dari India.

Redaksi Otosia sudah menanyakan langsung ke pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Namun hingga berita ini dibuat, Suzuki belum memberikan penjelasan lebih jauh terkait nasib S-Cross di Tanah Air.

Apabila SUV ini mendapatkan nasib yang sama seperti di India, boleh jadi Suzuki Indonesia memboyong Grand Vitara terbaru sebagai pengganti S-Cross di Indonesia.

Sumber: Otosia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat