uefau17.com

Kampanye Udara Bersih Lewat Sunmori Motor Listrik Garapan Mahasiswa - Otomotif

, Jakarta - Sebagai rangkaian ulang tahun ke-43 Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti serta menggaungkan kampanye 'Bersih dan Sehat Udara Negeriku', Universitas Budi Luhur (UBL) menggelar Green Sunday Morning Ride (Green Sunmori) menggunakan motor listrik garapan mereka, yakni BL-CEV01 dan BL-SEV01, pada Minggu (13/2/2022).

Adapun rute Green Sunmori dimulai dari Kampus Budi Luhur menuju Monumen Nasional (Monas) melintasi Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Merdeka Utara, Harmoni, Gajah Mada, Glodok, dan berakhir di kawasan Senayan.

Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar ramah lingkungan.

"Motor listrik BL-CEV01 dan BL-SEV01 melakukan Sunmori untuk mengajak masyarakat Jakarta, masyarakat Indonesia umumnya untuk ikut menjaga udara bersih dan sehat. Mari kita sama-sama menjaga udara, lepas dari polusi dan selalu sehat serta bersih," ujar Wendi dalam keterangan resminya, Kamis (17/2/2022).

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL, Sujono, menyebutkan, Green Sunmori diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak (BBM) dan bebas polusi. Ia juga bersyukur kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar harapan kami kendaran listrik semakin maju sehingga menjadi lingkungan bersih dan sehat," katanya.

Sekadar informasi, BL-SEV01 sebelumnya sukses melakukan turing Jakarta - Mandalika (Lombok, Nusa Tenggara Barat) pada Oktober 2021.

Dengan rampungnya touring sejauh 1.340 kilometer itu, BL-SEV01 tercatat sebagai motor listrik buatan mahasiswa pertama yang melakukan perjalanan hingga Sirkuit Mandalika.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Arti BL-SEV01, Motor Sport Listrik Garapan Universitas Budi Luhur

Berbicara soal nama BL-SEV01, diketahui merupakan singkatan dari Budi Luhur Sport Electric Vehicle generasi 01 atau pertama.

"Ide awalnya kita ingin mengembangkan sepeda motor listrik untuk kelas sport, high performance, dengan target para komunitas balap di sirkuit," jelas Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik UBL, Sujono, kepada , Rabu (13/10/2021).

Lanjut Sujono, hal tersebut sesuai dengan arahan ketua yayasan pendidikan Budi Luhur Cakti, yang memang memiliki hobi sport di bidang otomotif.

"Kebetulan beliau juga pernah ikut rally dakar dua kali. Ada keinginan untuk mewujudkan motor balap, tapi versi listrik. Itulah alasan dipilih nama BL-SEV-01," tegasnya.

Motor ini dibekali motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat