uefau17.com

Jangan Panik, Begini Cara Jitu Lewati Tanjakan Pakai Motor Kopling - Otomotif

, Jakarta - Meski penjualannya tak sebesar skuter matik, motor kopling masih memiliki penggemar setia. Tak hanya itu, motor jenis ini juga mendapatkan beberapa keunggulan, salah satunya perawatan yang lebih mudah dan murah.

Selain itu, motor kopling juga menawarkan kemudahan dalam melakukan engine brake atau teknik memperlambat kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan putaran mesin.

Teknik ini sangat membantu saat Anda harus melewati tanjakan maupun turunan.Meski demikian, untuk melintasi tanjakan terdapat teknik khusus yang harus diterapkan.

Jika tidak, motor bisa saja mengalami mogok saat digunakan berkendara di jalanan yang menanjak. Nah, agar Anda tidak mengalami hal serupa, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba saat menemui tanjakan seperti dilansir Wahana Honda.

1. Pindahkan Gigi Transmisi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempertahankan kestabilan laju motor. Agar motor dapat dengan mudah melibas tanjakan, jangan menggunakan persneling lebih dari gigi 3.

Karena semakin tinggi gigi yang digunakan, maka semakin berat kendaraan untuk menanjak.Biasanya, gigi persneling yang direkomendasikan untuk melibas tanjakan berkisar di angka 2 maupun 3. Namun, jika terasa berat, turunkan hingga ke gigi 1.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jangan menaikkan gigi saat motor sudah menanjak

Anda mungkin berpikir kalau menggunakan gigi yang tinggi untuk menanjak adalah pilihan tepat. Padahal, menaikkan gigi saat motor sudah berada di tengah-tengah tanjakan sangat tidak direkomendasikan. Selain dapat membuat kendaraan berat, motor bisa saja mogok dan tergelincir mundur.

3. Perhatikan teknik pengereman

Hindari menggunakan rem tangan yang berfungsi untuk menghentikan laju ban depan. Sebagai gantinya, gunakan teknik pengereman ban belakang untuk menghentikan motor saat berada di tengah-tengah tanjakan.

Rem belakang berfungsi untuk menahan motor agar tidak berjalan mundur atau tergelincir.

4. Jangan mendahului kendaraan lain

Saat melintasi jalan menanjak, terdapat blind spot di ujung tanjakan sehingga Anda tidak bisa melihat kedatangan kendaraan lain dari arah yang berlawanan.

Pada situasi ini, rentan terjadi kecelakaan jika memaksakan diri untuk menyalip kendaraan yang ada di depan.

Maka dari itu, sebaiknya pengendara bersabar. Pastikan juga sudah memperhatikan kondisi lalu lintas jalan.

3 dari 4 halaman

5. Lewati turunan

Setelah berhasil melibas tanjakan, selanjutnya Anda harus melintasi turunan yang sudah menunggu di depan mata. Di posisi ini, Anda sudah bisa menggunakan gigi 3 untuk melintasi jalan turunan.

Anda juga bisa menggunakan fitur engine brake agar pengalaman berkendara saat melintasi turunan terasa jauh lebih nyaman.

Itulah tadi beberapa cara jitu melibas tanjakan dengan motor kopling. Dengan memperhatikan seluruh teknik di atas, Anda bisa lebih berhati-hati sekaligus waspada saat menghadapi jalanan yang menanjak.

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat