uefau17.com

3 Hal Kecil Ini yang Memecah Konsentrasi Berkendara - Otomotif

, Jakarta Beragam hal bisa mengganggu konsenstrasi berkendara. mengoperasikan smartphone sudah pasti menjadi salah satu hal yang berbahaya.

Mengoperasikan smartphone saat berkendara tak bisa dianggap remeh. Menurut XE Baogiaothong, Ford Vietnam mengungkap bahwa hampir 100 persen fokus pengemudi mobil terpecah akibat smartphone.

Biasanya, ada tiga bentuk gangguan yang bisa memecah konsentrasi pengemudi. Berupa pengalihan perhatian seperti berbicara dengan penumpang atau terlalu terlena karena musik, pengalihan penglihatan seperti ketika melihat kecelakaan, dan gangguan gerakan tangan seperti saat menyetir hanya dengan satu tangan karena harus meraih benda lain.

Melakukan texting (SMS dan sejenisnya), disebut merupakan kombinasi dari tiga bentuk gangguan berkendara tersebut. Gangguan-gangguan seperti itu tentu meningkatkan potensi kecelakaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Distraksi

Menurut Ford, meskipun tak sedang menggunakan handphone, berkendara tetap bisa terdistraksi. Ada hal lain yang membuat konsentrasi pecah selain handphone dan pengendara tak menyadari hal tersebut. Yakni makan atau minum dan berkendara saat mood sedang jelek.

Sebuah penelitian dan analisis di Amerika Serikat, lebih dari 62 persen kecelakaan mobil disebabkan karena distraksi pengemudi lainnya. Sementara itu, potensi kecelakaan meningkat menjadi 80 persen akibat makan atau minum ketika menyetir. Sedangkan distraksi akibat mood dan menyebabkan kecelakaan naik menjadi 10 kali lipatnya.

Sumber: Otosia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat