uefau17.com

Pengguna Matik Pindah ke Motor Kopling, Perhatikan Hal Berikut Ini - Otomotif

, Jakarta - Menjadi kendaraan yang banyak digunakan saat ini, tak sedikit pengguna motor matik tak bisa mengendarai kendaraan kopling. Meski demikian, tak sedikit pengguna motor matik ingin beralih menggunakan motor sport untuk memenuhi hasrat berkendara.

Cara pengoperasian motor kopling memang lebih ribet ketimbang skutik yang tinggal gas dan rem. Pengendara harus terbiasa mengoper gigi dibantu dengan kopling tangan.

Lalu apa yang harus diperhatikan pengendara saat hendak berpindah?

Menanggapi hal tersebut, Safety Riding Head Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky mengatakan pengendara harus mempelajari kopling untuk perpindahan gigi dan memperhatikan postur tubuh saat berkendara.

"Berkendara motor matik dan motor sport itu postur tubuhnya sudah beda, jadi memang harus menyesuaikan juga selain belajar kopling," kata Lucky di Medan, Sumatra Utara.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknik Pengereman

Selain itu, pengendara juga harus mempelajari teknik pengereman. Hal itu dikarenakan teknik pengereman untuk motor matik dan sport berbeda.

"Kalau berkendara motor matik apabila mau ngerem tinggal tekan tuas rem saja. Tapi kalau di motor sport jangan lupa untuk menurunkan gigi dan menarik tuas kopling agar motor tak mati," ujar Lucky.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat