uefau17.com

Berburu SUV Nissan Rp 400 Jutaan, Pilih X-Trail atau Terra? - Otomotif

, Jakarta - Nissan Terra secara resmi dirilis untuk pasar otomotif Indonesia. pada gelaran GIIAS 2018. Menariknya, Nissan juga memiliki produk SUV dengan harga dan kapasitas mesin yang sama, yaitu Nissan X-Trail.

Memang keduanya tidak berada di dalam segmen yang sama, karena ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Simak pembahasannya di bawah ini:

Harga

Harga keduanya memang tak terpaut jauh. Berdasarkan situs resmi Nissan Indonesia, Nissan Terra 2.5E 4x2 AT dibanderol Rp480 juta dan Nissan XTrail 2.5 CVT dipatok Rp475,1 juta (OTR Jabodetabek). Dengan kata lain, untuk spesifikasi yang sama, 2.500cc transmisi otomatis, Nissan Terra sedikit lebih mahal dari Nissan X-Trail.

Secara keseluruhan model, harga Nissan Terra lebih tinggi, mulai Rp480 juta hingga Rp650 juta. Sementara itu, Nissan XTrail dijual dari Rp441,6 juta sampai Rp664,7 juta untuk varian mesin hybrid.

Desain

Secara tampilan, sekilas ada kemiripan antara Nissan Terra dan Nissan XTrail, yaitu sama-sama terlihat tangguh. Namun, kedua mobil tersebut mengusung jenis yang berbeda. Nissan X-Trail terlahir sebagai perpaduan antara SUV dan MPV, sedangkan Nissan Terra adalah SUV murni.

Dengan demikian, dimensi keduanya pun terpaut cukup jauh. Nissan Terra berukuran lebih besar dengan panjang 4.895 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.835 mm. Sementara itu, jarak ke tanahnya mencapai 225 mm dengan wheelbase 2.850 mm.

Sedangkan Nissan X-Trail memiliki panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.720 mm. Jarak ke tanah mobil ini mencapai 210 mm dengan wheelbase 2.705 mm. Meski begitu, keduanya mampu menampung 7-penumpang.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa

Meski sama-sama mengusung mesin berkapasitas 2,5 liter, performa yang ditawarkan cukup jauh berbeda. Dapur pacu Nissan Terra mampu menyuplai tenaga sebesar 187 Tk dengan torsi 450 Nm, sedangkan Nissan X-Trail bertenaga 169 Tk dan torsi 233 Nm.

Perbedaan tersebut tak terlepas dari jenis mesinnya. Nissan X-Trail ditenagai oleh bensin, sementara Nissan Terra menggunakan mesin diesel sehingga berbahan bakar solar.

Fitur

Meski berbeda usia, tak terlalu banyak perbedaan pada fitur keduanya. Baik Nissan Terra maupun Nissan X-Trail sama-sama dibekali AC climate control, sensor parkir, dan airbags. Pabrikan asal Jepang tersebut turut membenamkan sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System).

Selain itu, keduanya juga memiliki instrumen panel informatif, kemudi dan jok berbalut kulit, serta lampu kabut. Kemudi Nissan Terra dan Nissan XTrail pun dilengkapi dengan audio controller.

Sumber: Otosia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat