uefau17.com

5 Fakta Gibran Dilepas ASN Solo Usai Mundur dari Wali Kota Solo, Boyong Keluarga ke Jakarta - News

, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo ke pimpinan DPRD Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa 16 Juli 2024.

Usai mengundurkan diri, Gibran Rakabuming Raka menggelar perpisahan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) Surakarta atau Solo usai resmi mengundurkan diri sebagai Wali Kota pada hari ini, Rabu (17/7/2024).

Gibran pun menyalami satu persatu para ASN yang bekerja di lingkungan Pemkot Surakarta. Wakil Presiden terpilih ini mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari para ASN Solo.

Menurut dia, selama ini pelayanan publik berjalan dengan baik dan para petugas sudah memberikan respons cepat dari sisi pelayanan.

"Terima kasih untuk segenap jajaran, semua yang ada di balai kota sudah kerja sangat luar biasa selama tiga tahun ini, pelayanan publik berjalan dengan baik, semua fast respons," kata Gibran, Rabu (17/7/2024).

Para ASN pun antusias melepas kepergian Gibran yang akan dilantik menjadi Wakil Presiden (Wapres) Terpilih pada Oktober 2024.

Berdasarkan pantauan para ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang mengenakan seragam Korpri warna biru berkumpul di halaman Balai Kota Solo untuk melepas anak sulung Jokowi yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo.

Para ASN ini sengaja berkumpul sejak pukul 07.45 WIB di area parkir mobil dinas wali kota hingga halaman Balai Kota Solo. Sekitar pukul 09.20 WIB, mereka kembali keluar untuk menyambut Gibran yang ternyata mampir ke Balai Kota Solo.

Halaman area parkir mobil dinas wali kota pun dipenuhi ratusan ASN Pemkot Solo yang membawa poster dengan berbagai tulisan seperti "mantan terindah", "matur nuwun mas wali", dan "selamat bertugas menjadi wapres".

Sementara itu, usai mundur dari jabatannya, Gibran mengaku, akan memboyong keluarga, termasuk istri Selvi Ananda beserta kedua anaknya, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah pindah ke Jakarta.

Berikut sederet fakta terkait Gibran Rakabuming Raka yang menggelar perpisahan dengan ASN usai mundur sebagai Wali Kota Solo dan memboyong keluarga ke Jakarta dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Perpisahan sebagai Wali Kota, Salami Satu Persatu ASN Solo

Gibran Rakabuming Raka menggelar perpisahan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) Surakarta atau Solo usai resmi mengundurkan diri sebagai wali kota.

Gibran menyalami satu persatu para ASN yang bekerja di lingkungan Pemkot Surakarta. Wakil Presiden terpilih ini mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari para ASN Solo.

Menurut dia, selama ini pelayanan publik berjalan dengan baik dan para petugas sudah memberikan respons cepat dari sisi pelayanan.

"Terima kasih untuk segenap jajaran, semua yang ada di balai kota sudah kerja sangat luar biasa selama tiga tahun ini, pelayanan publik berjalan dengan baik, semua fast respons," ujar Gibran, Rabu (17/7/2024).

Ia mengatakan, banyak kontribusi yang sudah diberikan oleh para ASN Solo, termasuk keberhasilan Kota Solo yang sudah sukses menyelenggarakan berbagai acara internasional.

Selain itu, para ASN juga memiliki kontribusi besar terhadap berbagai pencapaian yang diraih oleh Pemkot Surakarta, salah satunya adalah mampu meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) sebanyak 13 kali berturut-turut.

"Ini kerja keras semua pihak. Kalau nggak ada beliau saya bukan siapa-siapa," katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga memberikan pesan kepada para ASN agar terus melayani warga dengan baik dan tulus. Ia mengingatkan itu karena Solo terus disorot oleh pihak luar.

"Kita harus kerja ekstra keras, jangan lupa Solo banyak disorot," jelas Gibran.

 

3 dari 6 halaman

2. ASN Solo Lepas Gibran dengan Poster 'Mantan Terindah'

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melepas Gibran Rakabuming Raka usai undur diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo. Para ASN antusias melepas kepergian Gibran yang akan dilantik menjadi Wakil Presiden pada Oktober 2024.

Berdasarkan pantauan para ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang mengenakan seragam Korpri warna biru berkumpul di halaman Balai Kota Solo untuk melepas anak sulung Jokowi yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo.

Para ASN ini sengaja berkumpul sejak pukul 07.45 WIB di area parkir mobil dinas wali kota hingga halaman Balai Kota Solo.

Menunggu sekitar 1,5 jam, ternyata muncul informasi bahwa Gibran tidak mampir ke Balai Kota, tapi langsung menuju Gedung DPRD Solo untuk mengikuti sidang paripurna terkait pengunduran dirinya sebagai Wali Kota Solo.

Tak ayal para ASN yang telah berkumpul sejak pagi pun bubar dan kembali ke ruang kerja masing-masing.

Namun, sekitar pukul 09.20 WIB, mereka kembali keluar untuk menyambut Gibran yang ternyata mampir ke Balai Kota Solo. Halaman area parkir mobil dinas wali kota pun dipenuhi ratusan ASN Pemkot Solo yang membawa poster dengan berbagai tulisan seperti "mantan terindah", "matur nuwun mas wali", dan "selamat bertugas menjadi wapres".

Gibran, yang datang dengan mobil Nissan Juke berwarna putih, langsung turun dari mobil dan berjalan menyalami ratusan ASN yang berkumpul untuk melepasnya. Wakil presiden terpilih itu dengan sabar meladeni permintaan foto bersama para ASN yang memanfaatkan momen terakhir sebagai Wali Kota Solo.

 

4 dari 6 halaman

3. Boyong Keluarga ke Jakarta Usai Mundur dari Wali Kota Solo

Wakil presiden terpilih Pemilu 2024, Gibran Rakabuming Raka telah resmi mengajukan pengundur diri dari jabatan Wali Kota Solo pada Selasa 16 Juli 2024.

Usai mundur dari jabatannya, Gibran mengaku, akan memboyong keluarga, termasuk istri Selvi Ananda beserta kedua anaknya, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah pindah ke Jakarta.

"Sudah berangkat, anak-anak kan sudah sekolah juga. Ethes pindah sekolah semua. Masa aku di Jakarta, anak saya tinggal. Sekolah di dekat rumah," kata Gibran dikutip dari YouTube Liputan6, Rabu (17/7/2024).

Gibran mengatakan, ia dan keluarga juga akan pindah domisili ke Jakarta. Selama menunggu pelantikan sebagai Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024, Gibran mengungkapkan, akan menempati rumah pribadi di Jakarta.

"Sepertinya pindah. KTP-nya pindah Jakarta. Ada rumah kecil-kecil," ucap Gibran.

 

5 dari 6 halaman

4. Pindah ke Jakarta Sambil Tunggu Dilantik Jadi Wapres, Sebut Rencana Blusukan ke Sejumlah Daerah

Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024, Gibran Rakabuming Raka telah resmi mengajukan surat pengunduran diri dari Wali Kota Solo. Putra sulung Presiden Jokowi ini akan pindah ke Jakarta sambil menunggu pelantikan sebagai Wakil Presiden periode 2024-2029.

Gibran mengaku, akan blusukan ke sejumlah daerah untuk menyerap aspirasi serta mencari tahu berbagai permasalahan di masyarakat.

"Di jeda waktu tiga bulan ini saya akan belanja masalah terutama ke tempat yang belum saya kunjungi atau yang sudah dikunjungi," kata Gibran dilansir dari Antara.

 

6 dari 6 halaman

5. Sebut Bakal Kunjungi IKN

Gibran mengatakan, ada beberapa daerah yang akan dikunjungi di luar Jawa, termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Saya akan lebih banyak muter di seluruh Indonesia, belanja masalah, menyelesaikan masalah yang ada, terutama di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar)," ucap Gibran.

Mengenai fasilitas yang ada di IKN, ia mengaku, belum mengetahui secara pasti. Meski demikian, pihaknya memastikan akan mengawal pembangunan IKN.

"Yang jelas pembangunan IKN akan kami kawal bersama pak presiden terpilih. Untuk urusan rumah dinas dan lain-lain itu urusan gampang, saya bisa tidur di mana saja," tambah Gibran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat