uefau17.com

Volkswagen ID.Buzz, Penerus VW Kombi Bertenaga Listrik Pamer Diri di GIIAS 2024 - Otomotif

, Tangerang - Meraih ketenaran dengan Volkswagen T2 atau yang akrab di telinga sebagai VW Kombi pada akhir '60-an, Volkswagen kini memiliki pembaruan model yang mengalirkan darah microbus ikonik tersebut ke dalam mobil modern bertenaga listrik.

Adalah Volkswagen ID.Buzz, penerus VW T6 yang baru saja mengenalkan diri pada penggemar di Indonesia lewat agenda ajang otomotif nasional terbesar, Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024.

PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen (VW) di Indonesia membawa MPV premium tersebut untuk membuka gerbang elektrifikasi mereknya di Indonesia.

"The All-Electric ID. Buzz merupakan langkah pertama Volkswagen dalam merespons perkembangan mobil listrik di Indonesia, dan kami memilih model ini sebagai mobil pertama kami memasuki era elektrifikasi sekaligus menunjukkan komitmen kami untuk menggarap pasar BEV di tanah air dengan lebih serius," ujar Badawi Marhasan, Head of Sales Volkswagen Indonesia pada peluncuran ID. Buzz di GIIAS 2024 pada Rabu (17/7/2024) di ICE BSD, Tangerang. 

Walau sudah terparkir rapi di GIIAS, GMM nampaknya masih urung niat melampirkan harganya. Pasalnya, mobil listrik tersebut baru akan mulai dipasarkan mendekati akhir tahun. Lebih tepatnya pada minggu kedua bulan November 2024.

Saat dipasarkan nantinya, VW ID.Buzz di Indonesia akan dijual dengan dua varian, yakni normal wheelbase dan long wheelbase. Varian normalnya akan memuat 6 penumpang di dalam MPV premium tersebut, sedangkan pemelarannya akan menyediakan kabin yang lebih lega untuk memuat 7 penumpang. Tentunya dengan tambahan bagasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Teknis VW ID.Buzz

Fitur-fitur canggih yang dimiliki ID.Buzz ditampilkan dari pintu belakang power-sliding dan power liftgate, dan akses tanpa kunci. Peleknya berukuran 20 inci dengan desain menarik yang menandai itu adalah kendaraan listrik masa depan.

Di dalamnya ada interior berwarna-warni dengan kluster instrumen digital 5,3 inci dan sistem infotainment 12,9 inci,  sistem pencahayaan sekitar 30 warna, dan pengisi daya ponsel nirkabel.

Kursi depannya bertenaga 12 arah dengan jok kulit imitasi yang dilengkapi fungsi penghangat, ventilasi, dan pijat. Penghangat juga ditempatkan di roda kemudi dan kursi baris kedua.

Belum jelas spesifikasi seperti apa yang akan dijanjikan sampai di Indonesia. Namun di Amerika, tenaga ID.Buzz berasal dari baterai 91 kWh. Listriknya akan mengaliri motor yang dipasang di belakang untuk menghasilkan tenaga 282 tenaga kuda dan torsi maksimum 550 Nm.

Keluaran itu dapat ditingkatkan dengan memilih varian Pro S untuk memiliki 335 tenaga kuda, dan itu akan membuatnya menjadi penggerak semua roda dengan motor yang dipasang di masing-masing as rodanya.

Pada varian paling atas, ID.Buzz memiliki kursi kapten di baris keduanya dan dilengkapi sistem suara Harman Kardon.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat