uefau17.com

Kenali Assist Level pada Honda PCX Hybrid - Otomotif

, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) telah memperkenalkan kendaraan roda dua hybridnya, All New Honda PCX Hybrid. Teknologi hybrid dari baterai Lithium ion yang disematkan pada PCX Hybrid akan bekerja saat tuas gas diputar dengan cepat.

Motor assist yang ditenagai baterai lithium-ion ini akan meningkatkan torsi sehingga membuat akselerasi lebih responsif.

Jika dilihat pada panel instrumen digital yang ada pada PCX Hybrid, bagian paling atas terdapat tampilan level assist.

Assistance level ini ditampilkan sesuai dengan sudut pembuka throttle. Status assistence ditampilkan dalam lima tingkatan sesuai dengan mode.

Ketika pertama menghidupkan Honda PCX Hybrid, terdapat lima assist level.

"Ada lima tingkatan, pada saat pertama kali kita membuka throttle (bukaan gas) kurang dari 10 derajat maka assist masuk pada level 1," kata Endro Sutarno selaku Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (16/5).

Menurutnya jika throttle dibuka pada 10 sampai 15 derajat maka assist akan masuk ke level 2.

"Kalau bukaan gas 15-20 derajat, masuk level 3. Putarannya 20-35 derajat masuk level 4 dan terakhir pada level 5 jika throttle lebih dari 35 derajat," jelas dia.

Hal ini juga akan memengaruhi kondisi SOC baterai lithium.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda Assist OFF atau Berkedip

Endro mengatakan, akan ada saatnya jika indikator assist nya mati atau off, dan juga berkedip.

"Indikator charge/assist tetap aktif atau berkedip saat idling stop, saat sistem gagal atau tergantung dari State of Charge (SOC) lithiumnya," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa indikator akan off saat ACG berpindah mode dari mode assist ke mode pengisian, sesaat sebelum idling stop berfungsi, selama idling stop, saat kendaraan berjalan (cruising), ketika pengisian penuh dan juga jika terjadi kegagalan sistem.

"Sedangkan kalau indikatornya berkedip, itu akan terjadi saat status pengisian atau SOC baterai lithium sebesar 50 persen atau kurang. Bisa juga karena suhu baterai 0 derajat atau kurang, atau saat suhu baterai tinggi," pungkas Endro.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat