uefau17.com

6 Mobil Berotot Terbaik di Era 70-an - Otomotif

, Jakarta - Di era 70-an, hampir semua muscle car atau mobil berotot menjadi idola. Mobil ini memang dikenal dengan kinerja mesin yang responsif sehingga performanya sungguh luar biasa.

Namun sayang, di saat mobil berotot ini naik daun, isu krisis minyak menyeruak. Hal ini membuat muscle car harus kehilangan pamornya. Maklum mobil-mobil ini kerap menggunakan mesin V8 yang juga tergolong boros dalam konsumsi bahan bakar.

Hal ini pula membuat sejumlah orang enggan mencari mobil yang boros bahan bakar. Belum lagi karena seluk beluk prihal persyaratan standar emisi yang semakin ketat, membuat mobil jenis ini tak memenuhi syarat.

Namun demikian mobil-mobil berotot hingga saat ini tidaklah langsung punah. Sebab, masih saja ada orang yang mengoleksi mobil tersebut.

Bahkan ada mobil berotot di tahun 70-an yang dianggap terbaik. Nah mau tahu mobil apa saja itu?

Berikut daftar tujuh muscle car terbaik yang dirangkum Motor1:

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ford Mustang Boss 302 1970

Boss 302 bukanlah model Mustang yang paling kuat di era itu. Sebaliknya Mustang paling terkuat adalah Boss 429.

Kendati demikian, Boss 302 menjadi mobil yang paling banyak disukai banyak orang dengan mesin yang dibenamkannya mengusung V8 berkapasitas 5.0 liter yang mampu menyemburkan daya hingga 290 Tenaga Kuda.

Mobil ini juga banyak mendapat kemenangan di lintasan balap dan disebut sebagai salah satu Mustang paling ikonik sepanjang masa.

3 dari 7 halaman

2. Oldsmobile 4423 1970

Mobil berotot Oldsmobile memiliki perawakan besar dan gendut. tak heran mobil ini banyak yang menyebutnya mirip binatang buas di jalanan. 

Ketangguhan Oldsmobile ini lantaran menggendong mesin V8 dengan daya 365 Tk.

4 dari 7 halaman

3. Chevrolet Chevelle SS 454 1970

Mobil berotot yang satu ini juga tak kalah keren. Bahkan mobil ini menjadi salah satu mobil yang paling cepat menarik hati konsumen di era 70-an.

Adapun kebuasan mobil juga terdapat pada bagian jantung pacu yang telah disematkan mesin V8 yang sanggup melontarkan tenaga hingga 450 Tk. Mobil ini memiliki dua varian transmisi, baik itu tiga kecepatan otomatis dan empat kecepatan manual.

5 dari 7 halaman

4. Plymouth Hemi Cuda Convertible 1971

Banyak artikel terkait dengan Plymouth Hemi Cuda. Mobil ini juga tak kalah tangguh lantaran kala itu disebut-sebut sebagai pesaing Camaro dan Mustang.

Tak hanya itu, jeroan mesin mobil ini juga tak kalah hebat, lantaran telah mengusung mesin V8 bertenaga 425 daya kuda.

Saat ini mobil yang satu ini disebut-sebut sebagai muscle car angka, dan sangat cepat. Tak heran ada yang menyebut Plymouth Hemi Cuda salah satu mobil berotot paling berharga di antara mereka semua, karena dalam sebuah lelang baru-baru ini menjual mobil tersebut hingga US$ 3,5 juta.

6 dari 7 halaman

5. Pontiac Firebird Trans Am SD-455 1974

Mobil keren yang satu ini memang cukup nahas. Sebab, ketika baru lahir, kala itu Amerika Utara telah diguncang krisis minyak sehingga sejumlah aturan yang diterapkan.

Akibat kebijakan pemerintah kala itu, mobil ini hanya mengusung mesin V8 dengan daya kecil yaitu 290 Tk. Padahal beberapa mobil sejenisnya bisa mencapai 400 Tk.

7 dari 7 halaman

6. Pontiac Firebird Trans Am SE 1977

Jika membahas mobil berotot tentu saja mobil yang satu ini harus masuk daftar. Sebab, saat ini Pontiac Firebird Trans Am SE jadi daftar mobil buatan Amerika paling ikonik.

Meski sudah masuk krisis minyak namun mobil ini di massanya dianggap cukup agresif dengan gaya flyamboyan, sehingga mampu menarik hati konsumen di Amerika hingga era 80-an.

Mobil ini dibenamkan mesin V8 berkapaitas 6,6 liter yang sanggu mengeluarkan daya hingga 200 Tk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat