uefau17.com

Ketahui Nih Manfaat Rempah Kayu Manis Buat Merawat Rambut - On Off

, Jakarta Merawat rambut tidak hanya selalu memakai produk yang terjual di pasaran. Siapa sangka bahwa salah satu rempah yaitu kayu manis yang biasanya digunakan untuk memasak juga bisa bermanfaat merawat rambut.

Seperti yang diketahui, orang-orang mulai menggunakan rempah-rempah sejak berabad-abad lalu. Bahkan menurut penelitian medis, rempah-rempah satu ini juga terbukti efektif untuk pertumbuhan rambut.

Lantas, apa saja manfaat kayu manis untuk merawat rambut?

Melansir Pinkvilla, Jumat (26/5/2023), kayu manis adalah salah satu rempah-rempah yang telah digunakan sejak zaman kuno karena beberapa manfaatnya bagi kesehatan manusia. Dengan bantuan ilmu kedokteran, kayu manis juga mendapatkan daya tarik untuk pertumbuhan rambut.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini manfaat yang ditawarkan kayu manis untuk merawat rambut.

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Cinnamaldehyde adalah senyawa utama dalam kayu manis. Selain itu, juga ada procyanidin atau senyawa lain yang ditemukan dalam kayu manis.

Nah, minyak kayu manis untuk pertumbuhan rambut mirip dengan minoksidil 2 persen yang digunakan untuk pertumbuhan rambut pada manusia.

2. Mencegah Rambut Rontok

Kayu manis telah terbukti meningkatkan aliran darah di kulit kepala karena senyawanya, yaitu cinnamaldehyde. Saat aliran darah meningkat, aliran darah juga memberikan nutrisi penting dan oksigen ke folikel rambut, membuat folikel lebih kuat, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

3. Mengobati Ketombe

Eugenol dalam kayu manis memiliki sifat anti-jamur dan anti-inflamasi yang membantu melawan infeksi jamur dan bakteri, yang merupakan kemungkinan penyebab ketombe. Menerapkan kayu manis ke kulit kepala dapat membantu menghilangkan jamur Malassezia dan mengurangi ketombe. Kayu manis juga dapat membantu menenangkan kulit kepala yang gatal dan teriritasi, yang bisa menjadi gejala ketombe.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pewarna Rambut

Bosan dengan warna rambut alami adalah hal yang wajar. Harus pergi ke salon dan mengeluarkan uang untuk mendapatkan hasil burnout juga tidak apa-apa. Namun, Anda sesekali bisa mencoba obat alami untuk warna rambut kayu manis ini dan lihat hasil yang fantastis. Bukti anekdot menunjukkan bahwa hasilnya menonjol pada orang dengan rambut pirang.

5. Menghilangkan Kutu Rambut

Minyak kayu manis berpotensi bekerja sebagai pengobatan alami untuk mengatasi kutu kepala karena sifat insektisida cinnamaldehyde. Saat dioleskan ke kulit kepala, minyak kayu manis dapat membuat kutu mati lemas dan juga mengganggu siklus hidupnya, mencegahnya berkembang biak dan menyebar lebih jauh.

Selain itu, bau yang kuat dari minyak kayu manis dapat mengusir kutu dan mencegahnya menyerang kulit kepala.

6. Mengandung Vitamin dan Mineral

Meskipun kayu manis bukan sumber vitamin dan mineral yang signifikan, kayu manis memang mengandung sejumlah vitamin dan mineral.

Misalnya, kayu manis mengandung sedikit kalsium, zat besi, dan vitamin K. Kayu manis juga mengandung antioksidan, seperti polifenol, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat