uefau17.com

Buat Wanita, Ketahuilah Penyebab hingga Gejala Menopause Dini - On Off

, Jakarta Menopause yang secara alami terjadi ketika seorang wanita tidak mengalami menstruasi biasanya terjadi antara usia 45 dan 55 tahun. Akan tetapi, bagi sebagian orang, itu bisa terjadi lebih awal.

Lantas apa penyebab menopause dini?

Menopause dini terjadi pada sekitar 5 persen wanita, menurut North American Menopause Society. Mereka itu memiliki gejala yang mirip dengan apa yang dialami saat menopause.

Apa yang dimaksud menopause dini?

Dilansir dari Forbes, Rabu (27/7/2022), menopause didefinisikan sebagai berhentinya periode wanita selama setahun penuh. Sementara menopause dini menunjukkan akhir dari siklus ini pada usia yang lebih awal daripada yang dialami oleh kebanyakan wanita. Biasanya terjadi antara usia 40 dan 45 tahun.

Seseorang yang mengalami menopause dini dapat mengalami gejala yang mirip dengan peri-menopause atau periode waktu menjelang menopause, seperti hot flashes, keringat malam, kekeringan pada vagina, dan periode tidak teratur yang akhirnya berhenti. Sementara menopause dini mungkin tidak ideal dan termasuk faktor risiko tertentu dan masalah kesuburan, satu hal yang pasti menurut Mary Jane Minkin yang menjadi profesor klinis di departemen kebidanan, ginekologi dan ilmu reproduksi di Yale School of Medicine di New Haven, Connecticut.

“Jika Anda mengalami menopause dini, Anda tidak perlu mengalami menopause lagi,” katanya. "Tidak ada yang harus melakukannya dua kali."

Penyebab menopause dini

Penyebab menopause dini tidak selalu jelas, kata seorang dokter kandungan dan ginekolog di Tufts Medical Center di Boston Andrea Zuckerman. Namun, beberapa hal berikut ini bisa menjadi penyebab menopause dini.

1. Genetika

Ketidakteraturan pada kromosom wanita dapat menyebabkan seseorang mengalami menopause dini, kata Zuckerman.

“Kadang-kadang, ketika orang dilahirkan, alih-alih memiliki 46 kromosom dengan dua kromosom X normal atau kromosom X penuh, mereka mungkin hanya memiliki sebagian dari kromosom X, dan itu dapat menyebabkan menopause dini,” jelasnya.

2. Kemoterapi atau radiasi

Perawatan atau pengobatan kanker kanker, seperti kemoterapi dan radiasi juga dapat menyebabkan menopause dini, menurut Zuckerman. Kemoterapi dapat menyebabkan kerusakan pada ovarium. Bahkan dalam beberapa kasus, ada yang mengalami menopause di awal pengobatan. Namun, itu tergantung pada jenis perawatan kemo yang diterima dan usia pada saat memulainya. Semakin muda Anda, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami menopause dini.

Radiasi di daerah panggul juga dapat merusak ovarium, tetapi dalam beberapa kasus dapat sembuh dan mulai bekerja kembali. Terapi hormon, pengobatan umum lainnya untuk kanker, juga dapat menyebabkan menopause dini jika dilakukan di daerah payudara dan rahim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Lainnya

3. Gangguan autoimun

Gangguan autoimun juga dapat menyebabkan menopause dini. “Orang dapat memiliki antibodi yang masuk ke ovarium, kelenjar adrenal atau tiroid, yang menyebabkannya menopause dini,” kata Zuckerman.

4. Merokok

Merokok merupakan faktor risiko utama untuk menopause dini. “Studi menunjukkan bahwa jika seorang wanita memiliki riwayat merokok yang panjang, cadangan sel telurnya akan berkurang lebih cepat dalam dua tahun,” kata Pendiri dan Direktur di New Hope Fertility di New York City John Zhang.

"Jika Anda merokok, Anda mungkin kehilangan cadangan telur setidaknya dua tahun lebih cepat dari orang yang tidak merokok,” ujarnya.

5. Histerektomi

Histerektomi adalah prosedur pembedahan yang mengangkat rahim dan mungkin diperlukan dalam kasus fibroid, endometriosis, perdarahan vagina, nyeri kronis atau kanker. Ketika rahim seseorang diangkat, itu dapat mengirim mereka ke menopause dini.

Pada saat histerektomi, indung telur mungkin diangkat atau dibiarkan utuh. Bila indung telur dibiarkan utuh, hal ini memungkinkan produksi hormon terus berlanjut dan bertujuan untuk mencegah menopause dini.

Gejala Menopause Dini

Gejala menopause dini sangat mirip dengan gejala peri-menopause standar, menurut Profesor di Departemen Kebidanan dan Ginekologi di UC Davis di Davis, California L. Elaine Waetjen.

Gejala-gejala ini termasuk:

1. Hot flash

2. Keringat malam

3. Libido berkurang

4. Kekeringan vagina

5. Seks yang menyakitkan

6. Insomnia

7. Kecemasan, depresi, atau perubahan suasana hati secara umum

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat