uefau17.com

Perempuan yang Menopause Sebelum Usia 40 Berisiko Meninggal Muda karena Kanker dan Penyakit Jantung - Health

, Jakarta - Sebuah studi baru di Finlandia menemukan ada risiko kesehatan yang mengintai perempuan yang mengalami menopause dini. Wanita yang memasuki masa menopause sebelum usia 40 tahun memiliki kemungkinan empat kali lebih besar untuk meninggal dalam usia muda karena kanker – dan dua kali lebih mungkin untuk meninggal dalam usia muda karena penyakit jantung atau penyakit lainnya.

Namun, para peneliti mengatakan bahwa penggunaan terapi penggantian hormon (HRT) selama lebih dari enam bulan dapat mengurangi semua penyebab dan risiko kematian akibat kanker hingga setengahnya. Mereka mempresentasikan temuan mereka pada hari Sabtu di Kongres Endokrinologi Eropa ke-26 di Stockholm.

“Berbagai risiko kesehatan pada wanita dengan insufisiensi ovarium prematur belum diketahui dengan baik dan penggunaan HRT sering kali diabaikan,” kata Hilla Haapakoski, mahasiswa PhD di Universitas Oulu, yang memimpin penelitian tersebut, dilansir New York Post

“Kami berharap dapat meningkatkan kesehatan para perempuan ini dengan meningkatkan kesadaran akan risiko di kalangan profesional kesehatan dan perempuan itu sendiri,” tambahnya.

Menopause terjadi ketika indung telur wanita berhenti melepaskan sel telur – tubuhnya memproduksi lebih sedikit estrogen dan progesteron. Itu terjadi ketika dia sudah 12 bulan berturut-turut tanpa menstruasi.

Meskipun sebagian besar wanita secara alami memasuki masa menopause antara usia 45 dan 55 tahun, 1% mengalami menopause dini atau insufisiensi ovarium prematur (POI) dan mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Menopause Dini

Kelainan genetik, kondisi autoimun, kemoterapi, atau pembedahan untuk mengangkat ovarium dapat menyebabkan POI, namun dalam banyak kasus, penyebab pastinya tidak jelas.

Para peneliti dari Universitas Oulu dan Rumah Sakit Universitas Oulu membandingkan 5.817 wanita Finlandia yang didiagnosis dengan POI spontan atau bedah antara tahun 1988 dan 2017 dengan 22.859 wanita tanpa kondisi tersebut.

Mereka menghitung risiko kanker dan penyakit jantung sambil mencatat bahwa wanita dengan POI akibat operasi tidak memiliki risiko kematian tambahan.

3 dari 4 halaman

Studi Lain Mengaitkan Menopause Dini dengan Kematian Dini

Meskipun penelitian lain mengaitkan menopause dini dengan kematian dini, tim Finlandia yakin penelitian mereka mencakup ukuran sampel terbesar dan mencakup periode terlama, 30 tahun.

“Sepengetahuan kami, ini adalah penelitian terbesar yang dilakukan mengenai hubungan antara insufisiensi ovarium prematur dan risiko kematian,” kata Haapakoski.

4 dari 4 halaman

Pengobatan bagi Menopause Dini

HRT adalah pengobatan yang paling umum untuk POI – menggantikan estrogen dan hormon lain yang tidak lagi diproduksi oleh ovarium – namun para peneliti mengatakan sebagian besar wanita tidak mengikuti rekomendasi untuk mengonsumsi obat ini.

Tim berencana untuk segera menyelidiki apakah pasien POI lebih mungkin menderita kanker, penyakit jantung, atau penyakit lainnya – dan apakah HRT dalam jangka waktu lama dapat mempengaruhi kondisi ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat