uefau17.com

Selain Jaga Kesehatan Mental, Ini Manfaat Menyendiri - On Off

, Jakarta Seseorang yang menyendiri tidak melulu dikatakan sedang kesepian. Bisa jadi dia memang sedang menyendiri demi menjaga kesehatan mentalnya.

Sebab, antara kesepian dan kesendirian itu adalah dua hal yang berbeda dan tentu memiliki arti yang berbeda pula.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa seseorang yang bersosialisasi akan membantu menghilangkan stres. Jadi, itu harus dilakukan dari waktu ke waktu. Meskipun memang tidak ada salahnya, itu pun merupakan ide yang baik untuk dilakukan.

Namun di sisi lain, seorang konsultan psikiater dan psikoterapis Ruhi Satija mengatakan, kesendirian juga berperan penting dalam kesehatan mental seseorang.

“Berada di sekitar orang lain bisa memberikan umpan balik, tetapi itu bisa juga membuat rasa stres. Anda akan khawatir dan memikirkan apa yang orang lain katakan, mengubah sikap untuk menghindari penolakan, hingga menyesuaikan diri dengan kelompok lainnya,” tutur Satija, seperti melansir laman The Indian Express, Senin (18/10/2021).

Sementara itu, ternyata ada perbedaan antara kesepian dengan kesendirian. Menurutnya, kesepian bisa dikaitkan dengan kenegatifan dan perasaan yang ditinggalkan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, “Sementara kesendirian membantu Anda menjadi lebih nyaman di dunia Anda sendiri. Ketika Anda sendirian, Anda bisa membuat pilihan tanpa pengaruh dari luar. Selain itu, juga dapat membantu memahami bagaimana diri Anda.”

Di samping itu, Satija pun menjelaskan beberapa manfaat utama kesendirian selain berguna untuk menjaga kesehatan mental.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Bisa mengeksplor diri

Menghabiskan waktu dengan diri sendiri dan merasa nyaman akan mengarahkan diri Anda untuk lebih memahami tentang bagaimana pilihan, kesukaan, dan ketidaksukaan Anda. Pada saat itu Anda akan menjadi lebih dekat dan memahami tentang diri Anda sendiri.

2. Berkreativitas

Dengan berkreasi, ini adalah salah satu cara yang hebat untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Menghabiskan waktu untuk melalukan beragam hobi dan menggunakan pikiran untuk menciptakan sesuatu hal baru adalah cara yang bagus. Anda pun kemudian akan merasa lebih baik. Namun untuk melakukannya, Anda tentu membutuhkan kesendirian dan waktu. Sebab, sulit dilakukan jika Anda justru berada di antara orang-orang yang ramai.

3. Bebas melakukan apa pun

Terkadang Anda mungkin ingin menghindari kekacauan dari yang orang lain lakukan. Ketika sendiri, Anda bisa menghabiskan waktu dengan diri sendiri lebih banyak. Anda bisa mengendalikan semua yang dilakukan. Tidak ada orang yang menghakimi, memberitahu apa yang harus Anda lakukan, atau membuat Anda kesal.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Produktivitas bisa meningkat

Saat Anda sendiri pun tidak menutup kemungkinan bahwa produktivitas Anda akan meningkat. Sebab pada saat itu Anda tidak memikirkan tentang apa yang orang lain lakukan dan bagaimana penilaiannya terhadap Anda.

5. Meningkatkan rasa pemberdayaan

Saat dalam kesendirian, Anda juga akan belajar lebih mandiri dan meningkatkan pemberdayaan diri. Belajar bagaimana melindungi diri saat dalam kesendirian untuk membantu Anda lebih rileks dan melakukan kebebasan.

Selain menjelaskan manfaat dari kesendirian, Satija juga membeberkan beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat ingin menyendiri.

Misalnya Anda bisa melakukan apa yang Anda suka di waktu luang, mengidentifikasi hubungan positif dengan orang-orang yang bisa menambah nilai hidup Anda, atau bermain dengan hewan peliharaan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat