uefau17.com

Yuk, Nonton Kisah Legenda Putri Kemarau Jelitani di Vidio - On Off

, Jakarta Salah satu cerita rakyat yang wajib kita ketahui adalah Legenda Putri Kemarau. Cerita rakyat ini bercerita mengenai sebuah kerajaan di Sumatra Selatan yang dipimpin oleh raja yang bijaksana bernama Arya.

Dalam cerita Legenda Putri Kemarau Raja Arya memiliki seorang putri bernama Jelita. Ia juga sering disebut sebagai Putri Kemarau karena ia lahir di musim kemarau. Putri Jelita tumbuh dewasa menjadi anak yang baik dan cantik. Warga pun sangat menyayangi putri Jelita.

Pada suatu hari kerajaan diserang kekeringan dan kemarau yang panjang. Raja tidak tega melihat rakyatnya yang mengalami gagal panen dan kesusahan mencari air. Adipati kerajaan menyarankan raja untuk pergi menemui peramal sakti yang berada di dalam hutan.

Demi rakyatnya, raja pun bergegas bertemu dengan sang peramal sakti. Setibanya di rumah peramal tersebut raja meminta saran apa yang harus ia lakukan untuk menyelamatkan kerajaannya. Sang peramal pun berkata “Jawabannya ada di mimpi putrimu wahai Raja yang Agung.”

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengorbankan Seorang Gadis

Sesampainya di kerajaan, raja pun bertanya kepada Putri Jelita apakah putrinya pernah bermimpi aneh belakangan ini. Putri Jelita menjawab bahwa bermimpi bertemu dengan ibundanya yang telah lama mati. Dalam mimpi tersebut ibundanya mengatakan bahwa masalah kekeringan akan segera teratasi jika ada seorang gadis yang mengorbankan diri ke laut.

Putri Jelita segera menceritakan mimpinya kepada ayahnya. Keesokan harinya mereka mencari gadis yang rela berkorban demi kerajaan. Namun tidak satu pun gadis ingin berkorban hingga putri Jelitani pun menawarkan dirinya untuk berkorban ke laut.

Dengan berat hari raja menerima keputusan sang putri untuk berkorban demi warganya. Pada malam harinya Putri Jelita disaksikan oleh warga terjun ke laut. Tidak lama setelah itu pun hujan lebat membasahi kerajaan hingga sungai yang kering kembali mengalirkan air.

Namun di tengah kebahagiaan para warga raja sangat sedih karena telah kehilangan putri sematawayangnya. Ketika hendak tidur raja bermimpi bertemu dengan istrinya. Istrinya pun berkata bahwa Jelita masih hidup. Sekarang ia sedang berada di ujung tebing dekat laut. Raja segera berlari untuk memastikan hal tersebut.

Ternyata mimpi raja benar. Putri Jelita pun masih hidup ia berkata “Ayahanda aku diselamatkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa karena keihklasanku untuk menolong para warga.” Mengetahui putrinya masih hidup raja pun sangat senang dan kerajaannya tak lagi pernah menderita kekeringan.

3 dari 3 halaman

Saksikan di Vidio

Selain kisah legenda Putri Jelitani masih banyak kisah putri Indonesia lainnya yang sangat menarik dan memberikan pesan moral yang bermakna. Segera streaming kisah Legenda Putri Indonesia di Vidio.

Dapatkan rekomendasi untuk nonton tayangan anak, film Indonesia, film barat, drama Korea, Thailand, Mandarin, Bollywood, original series, serta tayangan olahraga favorit hanya di Vidio.

Penulis: Aisyah Sabilla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat