uefau17.com

Kemensos Gelar Pelatihan Fotografi dan Desain Grafis untuk Penyandang Disabilitas Rungu Wicara - News

, Jakarta Dalam rangka meningkatkan kapabilitas serta keterampilan kerja bagi penyandang disabilitas, Kementerian Sosial menggandeng Tata Rupa, Tab Space, dan Kerjabilitas menggelar pelatihan fotografi, desain grafis, dan career assessment pada tanggal 13 sampai 15 Juni 2024 di Sentra Mulya Jaya, Jakarta.

Kegiatan yang dihasilkan dari kerja sama antara Kemensos dengan tiga lembaga yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas penyandang disabilitas juga bertujuan untuk memberikan masa depan yang lebih cerah bagi mereka yang mengalami kondisi rungu wicara.

Lead Failitator Kerjabilitas, Tetti menyebut bahwa dalam kegiatan itu, pihaknya ingin membongkar bahwa stigma karier disabilitas bukan hanya tukang pijat atau laundry semata.

"Di sinilah kami ingin tunjukkan bahwa ada peluang disabilitas bisa bekerja di tempat yang besar dan latihan ini merupakan cara untuk membawa mereka keluar dari kebiasaan ini, menunjukkan banyak profesi di luar sana yang bisa mereka jalani," sebutnya.

 

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Tari (14) mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang sekaligus antusias mengikuti pelatihan dari Kemensos tersebut.

“Saya senang sekali dapat ilmu yang bermanfaat dan semoga bisa bermanfaat untuk saya dan teman-teman disabilitas agar kami lebih kreatif dalam mendesain dan segera memperoleh pekerjaan," ungkapnya melalui penerjemah bahasa isyarat.

Sebagai informasi, pelatihan tersebut diikuti oleh 34 peserta yang merupakan penyandang disabilitas rungu wicara dari tiga sentra, yaitu Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi, Sentra Mulya Jaya Jakarta, dan Sentra Handayani Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Selama Pelatihan

Pada hari pertama dan kedua pelatihan, melalui Tata Rupa dan Tab Space para peserta diberikan kesempatan untuk mempelajari dan meningkat keterampilan fotografi dan desain grafis. Salah satu yang diajarkan melalui praktik adalah dengan membuat portofolio untuk mengeskplorasi dan mengekspresikan pengalaman yang dimiliki, sehingga dapat lebih mengenal dan memahami diri lebih baik.

Dan pada hari terakhir, pelatihan ditutup dengan pemaparan career assessment yang difasilitasi oleh Kerjabilitas. Peserta diajarkan cara menyusun portofolio, CV, praktik interview, hingga mencari peluang kerja yang relevan, sehingga mereka dapat lebih percaya diri memasuki dunia kerja.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat