uefau17.com

Kemensos Gelar Bakti Sosial bagi Masyarakat Kabupaten Pandeglang dan Lebak Banten - News

, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) mengadakan kegiatan bakti sosial (Baksos) di Kabupaten Pandeglang dan Lebak, Banten pada Jumat (14/6/2024).

Dalam kegiatan ini, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan kunjungan ke berbagai desa dan fasilitas kesehatan yang ada di kedua kabupaten di Provinsi Banten tersebut. Ia juga meninjau berbagai layanan kesehatan, disabilitas, penderita katarak, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), dan penderita penyakit kusta.

Saat sedang meninjau, Risma mengatakan pentingnya melakukan baksos di kawasan tersebut. Ia mencontohkan penderita katarak yang perlu segera ditangani.

"Sebetulnya masih banyak yang harus kita percepat, contohnya katarak. Dia gabisa ditunda, karena kalau ditunda dia menjadi buta. Kalau sudah menjadi buta itu kemudian keluarga menjadi tidak produktif. Kemudian dia sendiri tidak produktif dan menjadi penurunan kualitas SDM," ujar Risma kepada wartawan di Pendopo Pandeglang, Banten, Jumat (14/6/2024).

Selain itu, Risma menekankan pentingnya penanganan disabilitas untuk membantu para orang tua yang merawat anak disabilitas.

"Kemudian yang kedua untuk menangani disabilitas, dia kemudian orang tua dia menjadi hopeless. Dia merasa tidak punya harapan sehingga kita percepat supaya segera menolong mereka," kata Risma.

Provinsi Banten, kata Risma, memiliki tantangan tersendiri dalam hal aksesibilitas mengingat luas wilayahnya dan keberagaman topografinya.

"Kita pilih daerah yang punya prioritas tinggi. Terutama terkait aksesibilitas, Banten ini memang daerahnya besar, penduduknya besar, tapi yang berat daerah ada pegunungan dan lain sebagainya," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan Bantuan Bansos

Selain itu, saat kunjungannya, Risma turut memberikan bantuan sembako dan bantuan kewirausahaan seperti ayam petelur dan alat cukur untuk meningkatkan kesejahteraan pihak yang bersangkutan.

Berikut adalah daftar 10 lokasi yang dikunjungi:

1. Puskesmas Cadasari

2. Peninjauan air bersih di Kelurahan Cigadung

3. Pendopo Pandeglang

4. Klinik Mata Saruni Pandeglang

5. RST Desa Kabayan

6. RST Desa Sukaratu

7. Puskesmas Cipanas

8. Kantor Kecamatan Cipanas

9. Desa Sipayung, meninjau air bersih dan RST

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat