uefau17.com

Jokowi Resmikan Jalan Tol Bangkinang-XII Koto Kampar, Telan Anggaran Rp 4,8 Triliun - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan, seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar, Provinsi Riau, Jumat (31/5/2024). Jokowi mengatakan jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer ini menghabiskan anggaran hingga Rp 4,8 triliun.

"Alhamdulillah hari ini jalan tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 yaitu, Bangkinang-Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 kilometer yang kita bangun sejak 2019 sampai 2024 menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan," jelas Jokowi saat peresmian sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (31/5/2024).

Dia menuturkan jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar merupakan sirip dari Tol Trans Sumatera. Jokowi berharap jalan tol tersebut terus tersambung hingga ke Kota Padang, Sumatera Barat.

"Ini adalah sirip dari Tol Trans Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun terus akan sambung-sambung dan nanti akan sampai ke Pekanbaru, sampai ke Kota Padang," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meresmikan pembangunan dan perbaikan 10 ruas jalan di Provinsi Riau sepanjang 63 kilometer. Pembangunan dan perbaikan jalan di Riau ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 369 miliar.

Jokowi meminta kepala daerah agar jalan yang sudah selesai didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif. Sehingga, perbaikan jalan tersebut dapat menumbuhkan ekonomi daerah dan mempermudah mobilitas masyarakat.

"Jalan tol yang sudah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif, baik itu kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata," tutur dia.

"Sehingga betul-betul rill, ada manfaaatnya bagi rakyat, bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan juga mobilitas orang, mobilitas barang itu betul-betul bisa lebih cepat lagi sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia," sambung Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Dioperasikan

Sebelumnya, Manajer Cabang PT Hutama Karya Jarot Seno Wibawa mengatakan Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sudah siap operasional karena semua infrastruktur pendukung sudah tersedia.

"Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar siap beroperasi karena infrastruktur pendukungnya sudah siap seperti lampu penerangan, rambu penerangan, rambu peringatan di sepanjang jalan bebas hambatan itu sudah ada," katanya kepada media di Pekanbaru, Riau, Selasa.

Ia mengatakan tol sepanjang 24,7 kilometer itu sebelumnya diuji coba fungsional pada momen Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dan telah dilalui sebanyak 12.000 kendaraan.

Pada saat uji coba, jalan tol itu dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Pekanbaru menuju Koto Kampar atau sebaliknya dari semula tiga jam lebih menjadi satu jam hingga satu jam 30 menit.

Ruas itu merupakan lanjutan dari Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang sudah beroperasi terlebih dahulu sejak Desember 2022 dan telah diterapkan tarif pada 25 Desember 2022.

"Keberadaan jalan tol itu penting sebagai penghubung antara Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat, terutama mengangkut aneka kebutuhan pangan dari provinsi tetangga itu," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat