uefau17.com

Temui Kepala KBRI Kairo Mesir, BSMI Diminta Gaspol Bantu Warga Gaza Palestina - News

, Jakarta - Upaya untuk menyalurkan bantuan bagi warga Gaza oleh Tim Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) terus dilakukan. Langkah BSMI yang terjun langsung menyalurkan bantuan ke Gaza melalui Mesir mendapat dukungan dari Kepala Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Luthfi Rauf. 

Dalam persamuhan yang digelar di Kantor KBRI, Luthfi mengapresiasi BSMI dan juga masyarakat Indonesia yang membantu warga Palestina, khususnya yang menjadi korban perang di Gaza. 

"Kita dukung segala upaya, termasuk BSMI menyalurkan bantuan untuk masyarakat Gaza. Semoga ini semakin banyak dan bantuan yang tersalurkan tepat sasaran, " ujar Luthfi Rauf saat menerima Tim BSMI di Kantor KBRI Kairo, Sabtu, 13 Januari 2024. 

Meski kondisinya sulit, Dubes meminta rakyat Indonesia tetap optimistis dan terus membantu warga Palestina mengingat krisis yang mereka hadapi. Dia pun mwngingatkan agar lembaga kemanusiaan asal Indonesia yang hendak menyalurkan bantuan ke Gaza untuk mengikuti aturan dan berkoordinasi dengan otoritas Mesir. 

Merespons apa yang disampaikan Kepala KBRI, Ketua Dewan Pembina BSMI Prof Dr dr Basuki Supartono FICS, MARS, Spot yang memimpin rombongan BSMI menjelaskan, pihaknya sudah berpengalaman untuk menyalurkan bantuan langsung ke Gaza sejak 2009. 

Menurutnya, kondisi perang yang terjadi saat ini termasuk yang paling  rumit dihadapi selama dia memimpin BSMI. Dikarenakan kerusakan dan dampak invasi yang dilakukan Tel Aviv cukup besar. 

"Ini termasuk yang paling sulit. Karena serangan yang masif dilakukan oleh penjajah Israel. Namun bagaimanapun kami akan tetap menyalurkan  bantuan yang diamanatkan masyarakat Indonesia kepada kami dari Masyarakat Indonesia," kata dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Ikuti Aturan yang Berlaku

Namun demikian, Basuki memastikan komitmennya untuk tetap mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku. Dia juga menegaskan akan tetap mematuhi aturan dan imbauan dari Kedubes RI di Kairo sebagai perwakilan resmi Pemerintah RI.  

"Kondisinya tidak sama. Kalau dulu kami cukup dengan surat dari Kemenlu, Kemenkes dan berkoordinasi dengan Bulan Sabit Merah disini. Sekarang tidak cukup karena ada campur tangan Israel, " jelas dia. 

Sementara itu, Ketua DPN BSMI M Djazuli  Ambari mengatakan, perhimpunan kemanusiaan tersebut sudah menyalurkan sebelas tahap bantuan kemanusiaan selama perang.

Bantuan tersebut berupa uang tunai, makanan siap saji, obat-obatan, alat kesehatan hingga ambulans. Menurut Djazuli, masih ada bantuan lain yang disiapkan untuk warga Gaza, khususnya bantuan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa BSMI yang ingin menjalani pendidikan kedokteran di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

BSMI Siapkan Pelatihan Steam Cell

Tidak hanya itu, BSMI dalam waktu dekat juga menyiapkan pelatihan steam cell atau sel punca. Menurut Djazuli, sel punca bermanfaat untuk penyembuhan cedera dan luka serius yang dialami oleh warga Gaza.

Dalam pertemuan dengan Kepala KBRI, selain Basuki , turut serta Ketua DPN BSMI M Djazuli, Bendahara Umum BSMI dr Prita Kusumaningsih SpoG, dan Sekretaris Jenderal BSMI Muhammad Rudi. Tim diterima langsung dubes beserta tim dalam suasana yang hangat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat