uefau17.com

SBY dan Prabowo Hadiri Peringatan 19 Tahun Bencana Tsunami Aceh - News

, Banda Aceh - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri acara silaturahmi ulama di Aceh, Selasa (26/12/2023). Kedatangan keduanya disambut oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Awalnya SBY terlihat tiba di Hotel Hermes, Aceh, yang menjadi lokasi pertemuan dengan ulama dan tokoh masyarakat Aceh. SBY terlihat tiba sekitar pukul 10.05 WIB yang kemudian tak lama berselang hadir juga Prabowo Subianto sekitar pukul 10.15 WIB.

Keduanya disambut oleh AHY dan lansung melakukan pertemuan tertutup sebelum lanjut menghadiri acara silaturahmi. Ketua Umum Partai Demokrat AHY sempat menyebut kehadiran SBY dan Prabowo di Aceh sekaligus untuk memperingati 19 tahun tragedi tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

"Hari ini kita peringati bersama dengan seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, kita mengundang ulama tersebut untuk hadir sama sama memperingati tsunami dan perdamaian dan kita spesial mengundang Prabowo Subianto sebagai Menhan," ujar AHY di Hotel Hermes, Aceh, Selasa (26/12/2023).

AHY menyebut, selain memperingati 19 tahun tragedi tsunami, dirinya mengundang Prabowo untuk melihat secara langsung perjuangan masyarakat Aceh sejak tsunami hingga sekarang.

"Semangatnya adalah bagaimana Aceh bisa melampaui itu semuanya, setelah konflik yang berkepanjangan, puluhan tahun dan tsunami yang menimpa Aceh dan setelah itu tercipta rekonstruksi dan stabilisasi sehingga Aceh kini wajahnya sangat berbeda menjadi wajah yang damai, dan tumbuh, maju berkembang dan sejahtera," kata AHY.

AHY mengatakan, kedatangannya bersama SBY dan Prabowo merupakan momentum yang baik, apalagi diketahui di era SBY lah rekonsiliasi di Aceh dan pemulihan pasca-tragedi tsunami berlangsung. 

"Kali ini Pak SBY juga hadir secara langsung. Ini juga merupakan sebuah momentum yang baik karena Pak SBY sebagai mantan presiden yang sejak awal juga mengawal perdamaian Aceh, secara langsung mengelola rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh pasca-tsunami," AHY menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dihadiri SBY dan Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bakal melakukan kegiatan bersama dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Aceh pada Selasa (27/12/2023). Keduanya diagendakan menghadiri acara peringatan tsunami Aceh.

"Ya betul. Dalam kapasitas sebagai Menhan bersama Presiden ke-6 SBY, ada acara di Aceh. Kegiatan betul peringatan 19 tahun tsunami Aceh," kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid kepada wartawan, Senin (25/12/2023).

Politikus Partai Golkar itu menyebut acara peringatan tsunami Aceh juga akan dihadiri para tokoh dan hulu balang Aceh dengan jumlah peserta sekitar 250 orang.

"Hulubalang dan tokoh Aceh bersama Pak SBY, sekaligus memperingati tsunami dan perdamaian Aceh di Hotel Hermes," kata Nusron.

 

3 dari 3 halaman

Peringatan 19 tahun Bencana Tsunami Aceh

Sementara itu, pada hari Senin (25/12/2023), SBY bersama putra sulungnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), memperingati 19 tahun bencana tsunami Aceh dengan berziarah ke kuburan massal Siron, Aceh.

"Memperingati 19 tahun bencana tsunami Aceh, saya bersama Pak SBY ziarah ke kuburan makam Siron. Di sini, 46.718 korban gempa dan tsunami dikebumikan secara massal. Bencana alam yang sampai saat ini masih menyisakan duka bagi kita semua. Alhamdulillah, kini Aceh terus bangkit. Doa kami bersama seluruh warga Aceh," kata AHY dalam keterangannya Senin (25/12/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan di antaranya, Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya dan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Aceh Muslim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat