uefau17.com

3 Pernyataan Jokowi saat Acara Groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat di IKN - News

, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu, 20 Desember 2023. Sesampainya di IKN, Jokowi meninjau pembangunan dan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP).

Pada kesempatan kali ini, Jokowi kembali menegaskan konsep green building (bangunan ramah lingkungan) yang harus ada di IKN. Ini adalah bentuk komitmen untuk mendukung pembangunan yang hijau dan ramah lingkungan.

Dalam kunjungannya ke IKN, Jokowi juga diagendakan melakukan penanaman pohon di beberapa titik seperti lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Hari ini kita akan lakukan penghutanan kembali (reforestasi), melakukan penanaman pohon-pohon endemik agar IKN ini menjadi kawasan yang sangat hijau, yang di negara mana pun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau Nusantara ini," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut bahwa suasana yang hijau dan asri dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Selain menjelaskan konsep green building, Jokowi menyebut pembangunan proyek RSUP di IKN Nusantara akan fokus menangani masalah jantung dan stroke.

RSUP merupakan rumah sakit keempat yang dibangun di IKN. Rumah sakit yang telah melakukan peletakan batu pertama antara lain Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Abdi Waluyo, dan Rumah Sakit Mayapada.

"Yang pertama Rumah Sakit Hermina. Kedua, Rumah Sakit Abdi Waluyo. Ketiga, Rumah Sakit Mayapada. Dan hari ini kita groundbreaking lagi untuk Rumah Sakit Umum Pusat yang akan dibangun oleh pemerintah. Setelah ini sudah antre lagi tiga rumah swasta," kata Jokowi di IKN seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 20 Desember 2023.

Berikut pernyataan Jokowi saat acara groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat di Ibu Kota Nusantara dihimpun oleh :

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gedung di IKN Harus Menerapkan Konsep Green Building

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam rangka kunjungan kerja. Jokowi akan meninjau pembangunan di IKN, melakukan penanaman pohon hingga groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP).

Pada kunjungan kerja ke IKN, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno hingga Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

Setiba di IKN, Jokowi langsung mengikuti acara groundbreaking RSUP. RSUP ini merupakan rumah sakit keempat yang didirikan di IKN.

Dalam kesempatan kali ini, Jokowi menyinggung bahwa setiap bangung di IKN harus menerapkan konsep green building termasuk rumah sakit. Hal ini sebagai bentuk komitmen untuk pembangunan yang ramah lingkungan.

"Selalu saya tekankan kepada siapa pun yang membangun di Ibu Kota Nusantara (agar) gedungnya harus gedung hijau, kemudian lingkungannya harus hijau, kawasannya pun harus menjadi kawasan hijau," kata Jokowi, dikutip dari Antara, Rabu, 20 Desember 2023.

Selain itu, dalam mendukung proses penghijauan, Jokowi juga akan melakukan penanaman pohon di sejumlah kawasan di IKN.

3 dari 4 halaman

2. RSUP di IKN Fokus untuk Masalah Penyakit Jantung dan Stroke

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu 20 Desember 2023.

Saat peresmian pembangunan rumah sakit tersebut, Jokowi mengungkapkan bahwa RSUP ini akan fokus menangani masalah penyakit jantung dan stroke.

"Memang konsentrasi rumah sakit umum pusat ini nantinya hanya di jantung dan stroke," kata Jokowi di IKN seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 20 Desember 2023.

Jokowi pun yakin bahwa lingkungan IKN yang hijau membuat orang senang dan suasana yang asri bisa mencegah terkena jantung dan stroke.

"Tapi kalau kita melihat kehijauan di sini oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang, strokenya menjauhlah. Menurut saya jantungnya juga menjauh karena apanya, suasananya di sini adalah suasana hijau," ujar Jokowi.

4 dari 4 halaman

3. Masyarakat Indonesia Tidak Perlu Berobat ke Luar Negeri Lagi

Rumah Sakit Umum Pusat yang proses pembangunannya diresmikan Jokowi pada Rabu 20 Desember 2023, merupakan rumah sakit keempat yang dibangun di IKN.

Jokowi menjelaskan, RSUP ini nantinya menjadi rumah sakit yang fokus menangani permasalahan jantung dan stroke, sehingga masyarakat Indonesia tidak perlu ke luar negeri lagi untuk berobat, jadi bisa dilakukan di Indonesia.

"Saya enggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan rumah sakit. Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke Amerika untuk kesehatannya. Kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Surakarta itu kemudian secara resmi meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat IKN tersebut.

"Dengan mengucap bismillah, pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai. Terima kasih," ucap Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat