uefau17.com

Jokowi Groundbreaking Kodim hingga Apartemen Mewah The Pakubuwono di IKN - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan Komando Distrik (Kodim) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada, Kamis (21/12/2023).

Kodim dibangun di atas tanah 3,29 hektare itu terdiri dari kantor Kodim, gudang amunisi, hingga hunian personel.

"Di area ini akan dibangun kantor kodimnya, hunian personel, pos dan rumah jaga, gudang amunisi, ada aulanya, dan juga prasarana pendukung lainnya," kata Jokowi di YouTube Setpres, Kamis (21/12/2023).

Jokowi meminta gedung Kodim IKN dibangun modern dan sesuai dengan visi IKN menjadi kawasan hijau. Ia meminta pembangunannya menjadi contoh pembangunan gedung lain.

"Memang harus disesuaikan visi IKN, forest city. Saya titip karena kawasan ini kawasan hijau, lingkungannya juga hijau, sehingga ini pohon-pohon yang bagus di lingkungan ini jangan sampai terlalu banyak yang ditebang, kalau bisa menghindari, hindari. Sehingga kita harapkan betul-betul ini Kodim yang bisa dijadikan contoh bagi kantor kodim di seluruh Tanah Air," lanjutnya.

Jokowi berharap, keberadaan Kodim bisa penjaga IKN serta menegakkan kedaulatan negara. "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini pembangunan gedung Kodim IKN, saya nyatakan dimulai," kata Jokowi.

Selain itu Kodim, Jokowi juga meresmikan pembangunan Apartemen mewah bernama The Pakubuwono Nusantara senilai Rp 1 triliun.

Menurut Jokowi, Pakubuwono Nusantara akan dibangun dengan tema bangunan hijau, persis seperti konsep IKN.

"IKN ini dibangun dengan konsep kawasan yang hijau lingkungan hijau dan gedung harus gedung yang hijau green building, dan kalau kita lihat tadi secara sepintas rencana untuk membangun Pakubuwono Nusantara ini betul-betul sangat sesuai dengan konsep IKN," kata Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berharap Bisa Jadi Inovasi Baru

Jokowi mengaku, sempat membicarakan arsitektur Pakubuwono Nusantara dengan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Tadi di depan saya sampaikan ke pak Ridwan Kamil gambarnya rencana Pakubuwono Nusantara ada koreksi Kang Emil? Beliau sampaikan 'nggak ada', nilainya 9, kalau saya menilai karena bukan arsitek, ini 10," kata Jokowi.

Jokowi berharap, pembangunan Pakubuwono Nusantara akan menjadi standar internasional dan menjadi inovasi baru.

"Dua tower apartemen monumental dengan investasi kurang lebih Rp 1 triliun akan segera dimulai dan membuat hunian berstandar internasional dan ramah lingkungan, dan menciptakan kenyamanan dan efisiensi serta mempersembahkan sebuah kemajuan dan inovasi," pungkas Jokowi.

3 dari 4 halaman

Tinjau Progres Pembangunan Istana dan Kantor Presiden

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kunjungan kerja (kunker) hari keduanya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (21/12/2023).

Dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden (Setpres), Jokowi mengunjungi lokasi pembangunan Kantor Presiden.

Dari atas Kantor Presiden, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil meninjau perkembangan pembangunan kompleks Istana Kepresidenan.

Jokowi ingin memastikan fasilitas hingga desain bangunan Kantor Presiden dan Istana Kepresidenan sesuai dengan konsep, salah satunya adalah bilah Garuda yang menjadi ikon Istana Kepresidenan di IKN.

 

4 dari 4 halaman

Groundbreaking Fasilitas Keamanan

Selanjutnya, Jokowi melaksanakan groundbreaking dimulai dari fasilitas keamanan hingga pendidikan. Pertama, Presiden akan melaksanakan groundbreaking BSH Community Hub serta The Pakubuwono Nusantara.

Kemudian, Jokowi akan melakukan groundbreaking dua infrastruktur pertahanan dan keamanan, antara lain Komando Distrik Militer (Kodim) Ibu Kota Nusantara A dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, Presiden Jokowi akan meluncurkan transportasi ramah lingkungan di IKN. Setelahnya, Presiden diagendakan untuk melaksanakan groundbreaking fasilitas pendidikan yakni Gedung II Kampus Nusantara PSDKU Universitas Gunadarma.

Pada siang hari, Jokowi dijadwalkan untuk mengunjungi pasar di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur untuk mengecek kondisi harga di sana. Setelahnya, Presiden bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan kembali menuju Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat