uefau17.com

8 Pernyataan Anies Baswedan Saat Pendaftaran Capres-Cawapres di KPU - News

, Jakarta Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah mendaftar sebagai capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Anies Baswedan pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada KPU yang telah menyiapkan proses pendaftaran hingga berjalan dengan lancar.

"Kami percaya bahwa KPU akan melakukan proses verifikasi hingga nanti pelaksanaan juga dengan profesional dan itu menjadi suatu awalan terlaksananya pemilu yang aman, damai, tenang teduh," ujar Anies dalam pidato usai pendaftaran di KPU, Kamis (19/10/2023).

Di hadapan pendukungnya, Anies mengatakan dirinya telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

"Kami baru saja selesai menyerahkan seluruh dokumen berkas pendaftaran KPU. Partai koalisi Nasdem, PKB, PKS dan seluruh pimpinan menyerahkan dokumen dan alhamdulillah sah kita sudah terdaftar," ucap Anies.

"Terima kasih untuk KPU yang sudah menjalankan tugasnya dengan profesional dan statusnya sudah MS. Apa artinya MS memenuhi syarat," tambahnya.

Selesai menyerahkan dokumen persyaratan capres-cawapres ke KPU, Anies didampingi Cak Imin menyebut jika ini akan menjadi bukti usaha dari penjegalan dirinya yang tidak berhasil.

"Hari ini kita membuktikan kepada semua bahwa usaha untuk menahan, usaha untuk menghambat, usaha untuk menjegal, usaha untuk melemahkan tidak berhasil menggagalkan ikhtiar kita," jelas Anies dalam orasinya di luar KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. 

Berikut sederet pernyataan Anies Baswedan saat hadiri pendaftaran Pilpres 2024 di KPU dihimpun dari :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Anies Ajak Semua yang Terlibat dalam Pemilu 2024 Jaga Persatuan dan Kebersamaan

Usai melakukan pendaftaran di KPU, Anies mengajak semua yang terlibat dalam proses Pemilu 2024 menjaga suasana persatuan dan kebersamaan.

"Pikiran gagasan boleh beda, tapi kita sesungguhnya satu bangsa, satu negara dengan satu tujuan. Itu yang kita jaga sama sama. Jadi itu spiritnya." ucap Anies didampingi Cak Imin.

Anies menambahkan, pasangan AMIN membawa gagasan perubahan untuk dirasakan kepada keluarga keluarga di Indonesia

"Kami ingin agar kebutuhan pokok terjangkau, di sisi lain para petani hidup sejahtera, para peternak, para nelayan lebih sejahtera," kata dia.

"Kami ingin ada kesetaraan kesempatan, kesempatan untuk bekerja, kesempatan masa depan lebih baik dengan pendidikan dan dan kesempatan dapat pelindungan kesehatan yang baik. Gagasannya adalah perubahan menghadirkan kesetaraan, menghadirkan keadilan," sambung dia. 

Untuk diketahui, pendaftaran Anies ditandai dengan diserahkannya logo simbolik bertuliskan AMIN ke Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

"Izin kan kami mengucapkan terima kasih kepada KPU sehingga kami bisa mendaftar hari pertama hari ini," kata Anies di Kantor KPU RI Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Menerima pendaftaran itu, Hasyim menyatakan berkas dan dokumen yang dibawa pasangan Anies-Cak Imin lengkap. Nantinya berkas itu akan diverifikasi oleh tim KPU untuk dicek sah dan tidaknya.

"Setelah itu memasuki tahap verifikasi apakah sah atau belum, ukurannya dua benar atau belum, sah atau belum, nanti ada kesempatan sekiranya belum maka ada kesempatan untuk kelengkapan dan perbaikan,” jelas Hasyim.

 

3 dari 9 halaman

2. Sampaikan Permohonan Maaf kepada Orang yang Pesimistis

Anies mengungkapkan dengan diterima berkasnya dari pasangan capres dan cawapres dari Koalisi Perubahan sekaligus menepis rasa keraguan yang pernah ditujukan kepadanya dan Cak Imin.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun telah menyampaikan permohonan maaf kepada orang-orang yang pesimis atas pencalonannya sebagai capres.

"Izinkan teman-teman semua hari ini kita berkumpul di sini, mohon maaf karena kami telah mengecewakan, mohon maaf kami mengecewakan mereka-mereka yang pesimis. Mereka yang mengatakan bahwa kapal ini tidak akan berlayar. Mereka yang mengagungkan pesimisme bahwa ini tidak akan berangkat. Mereka yang mengatakan bahwa ini akan kandas. Kepada mereka kami sampaikan mohon maaf kami telah mengecewakan," jelas Anies.

"Hari ini kita membantah. Hari ini kita membantah pandangan sinis bahwa koalisi tidak solid. Mereka yang sinis mengatakan bahwa Nasdem akan balik arah disaat terakhir. Mereka mengatakan bahwa PKB batal mendukung disaat akhir. Mereka yang mengatakan bahwa PKS akan mundur disaat akhir. Hari ini seluruh Indonesia melihat kata-kata pikiran pesimis itu lenyap tak terbukti," tambah dia.

Anies menyatakan, Koalisi Perubahan solid dan kokoh. Menurutnya, usaha untuk menahan, menghadang, menjegal, dan melemahkan tidak berhasil.

"Dengan tekat membaja dan kerja gigih dari semua dari seluruh unsur partai, unsur relawan maupun dari warga kebanyakan hari ini kita sama-sama membuktikan bahwa pasangan AMIN tak tertahankan tak terbendung," ujar dia.

Anies juga menyampaikan bahwa pintu gerbang perjuangan telah dibuka dan segala macam gembok yang dipasang pada pintu itu telah berhasil dibongkar.

"Kita hancurkan gembok-gembok penghadang itu atas izin dan ridha Allah pintu perjuangan agar keadilan agar kesejahteraan agar kemakmuran bisa kita raih. Alhamdulilah hari ini terbuka lebar," ujar dia.

"Gembok yang menghalangi itu gembok yang menakut-nakuti itu atas kehendak perubahan kini hancur oleh niat lurus untuk Indonesia yang adil. Hancur oleh komitmen yang kuat untuk mendatangkan perubahan mendatangkan keadilan dan kemakmuran," jelas Anies Baswedan.

 

4 dari 9 halaman

3. Anies Ungkap Alasan Menggunakan Kemeja Putih Mirip Jokowi

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mendatangi KPU untuk mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu 2024. Mereka tiba hari ini, Kamis 19 Oktober 2023 pada pukul 09.45 WIB.

Pada momentum tersebut, terlihat keduanya mengenakan setelan kemeja putih. Diketahui, setelan tersebut sangat identik dengan gaya sehari-hari yang dikenakan Presiden Jokowi dalam dua periode kepemimpinan.

Menanggapi hal itu, Anies mengungkap alasan berbeda. Dia menegaskan kemeja putih yang dikenakan bukan meniru siapa pun melainkan karena bermakna filosofis putih dan dan suci.

“Dari awal kita deklarasi kita slalu pakai putih-putih, putih itu bersi, putih itu suci. Kemudian kemeja putih itu semua orang punya gampang semua bisa mengerjakan sama-sama,” ujar Anies di KPU RI Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Anies meyakini, dengan makna kuat tersebut bersama Muhaimin, keduanya siap melakukan kerja-kerja kerakyatan demi memenangkan kontestasi Pemilu 2024.

“Kita mengerjakan yang selama ini kita kerjakan, bersosialisasi, berinteraksi, dan berbagi gagasan,” Anies menandasi. 

 

5 dari 9 halaman

4. Anies Apresiasi KPU

Usai mendaftarkan diri, Anies memuji kinerja KPU selama proses tahapan Pemilu 2024. Menurut Anies, KPU telah bekerja secara profesional.

Jadi saya ulang, kami menyampaikan terima kasih kepada KPU yang telah menyambut dengan amat profesional dan memberikan konsultasi selama ini dan diterima dengan amat baik," ujar Anies di Kompleks KPU RI Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Anies mengatakan, sebab baiknya kinerja tersebut maka pada pendaftaran hari ini dokumen yang dibawanya bisa langsung dinyatakan lengkap dan siap untuk diverifikasi KPU.

"Hari ini tadi kami bisa langsung mendapatkan tanda terima dan verifikasi akan dilakukan, kemudian disampaikan bahwa mereka telah menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada Sabtu besok Insyaallah kami akan datang," jelas Anies.

Menerima pendaftaran itu, Hasyim menyatakan berkas dan dokumen yang dibawa pasangan Anies-Cak Imin lengkap. Nantinya berkas itu akan diverifikasi oleh tim KPU untuk dicek sah dan tidaknya.

"Setelah itu memasuki tahap verifikasi apakah sah atau belum, ukurannya dua benar atau belum, sah atau belum, nanti ada kesempatan sekiranya belum maka ada kesempatan untuk kelengkapan dan perbaikan," jelas Hasyim.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) rampung menyerahkan dokumen persyaratan sebagai capres-cawapres Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Anies menyebut, AMIN sah telah terdaftar di KPU.

"Kami baru saja selesai menyerahkan seluruh dokumen berkas pendaftaran KPU. Partai koalisi Partai Nasdem, PKB dan PKS dengan seluruh pimpinannya menyerahkan dokumen dan sah kita sudah terdaftar," kata Anies di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Anies menyampaikan, seluruh dokumen pendaftaran AMIN yang diserahkan ke KPU dinyatakan memenuhi syarat. Dia lalu, mengucapkan terima kasih ke KPU.

6 dari 9 halaman

5. Anies-Cak Imin Ingin Usung Gagasan Perubahan

Dalam pidato politiknya di KPU, Anies-Cak Imin mengusung gagasan gagasan perubahan. Perubahan ini diharapkan bisa dinikmati semua lapisan masyarakat, terutama rakyat kecil.

"Kami membawa gagasan perubahan, perubahan untuk dirasakan keluarga-keluarga di Indonesia," ujar Anies di Kantor KPU RI dikutip dari Antara, Kamis (19/10/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin agar harga kebutuhan bahan pokok dapat terjangkau. Lalu, kehidupan para buruh, seperti petani, peternak, dan nelayan turut sejahtera.

Ia ingin adanya kesetaraan kesempatan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

"Kami ingin adanya kesetaraan kesempatan, kesempatan untuk bekerja, kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan, dan kesempatan perlindungan kesehatan yang lebih baik," katanya.

Untuk itu, Anies menekankan gagasan dasar yang ingin dibawa pasangan Anies dan Muhaimin adalah perubahan untuk menghadirkan kesetaraan dan keadilan.

7 dari 9 halaman

6. Anies Sebut Bukti Usaha untuk Menjegal Dirinya Tidak Berhasil

Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan bacawapres Muhaimin Iskandar (AMIN), rampung menyerahkan dokumen persyaratan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Di hadapan massa pendukungnya, Anies Baswedan menyebut ini menjadi bukti usaha penjegalan dirinya tak berhasil.

"Hari ini kita membuktikan kepada semua bahwa usaha untuk menahan, usaha untuk menghambat, usaha untuk menjegal, usaha untuk melemahkan tidak berhasil menggagalkan ikhtiar kita," kata Anies dalam orasinya, di luar KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Anies menyampaikan, hal itu berkat pertolongan dari sang pencipta. Selain itu, dibarengi dukungan serta doa yang terus dilantunkan seluruh parpol koalisi, massa pendukung, hingga relawan dan simpatisan.

"Dengan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala, dengan dukungan doa dan salawat yang terus kita lantunkan, dengan tekad yang membara dan dengan kerja gigih dari seluruh unsur partai, dari seluruh unsur relawan maupun dari warga kebanyakan," kata dia di KPU.

"Hari ini kita sama-sama membuktikan bahwa pasangan AMIN tak tertahankan tak terbendung," sambung dia.

Menurut Anies, kini pintu gerbang perjuangan telah dibuka. Dia berujar, segala macam halang rintang telah berhasil dibuka dan dihancurkan.

"Atas izin dan ridho Allah pintu perjuangan agar keadilan, agar kesejahteraan, agar kemakmuran bisa kita raih. Alhamdulillah hari ini terbuka. Gembok yang menakut-nakuti itu atas kehendak perubahan kini hancur oleh niat lurus untuk indonesia yang adil," ujarnya.

8 dari 9 halaman

7. Anies: Gembok yang Halangi Kehendak Perubahan Telah Hancur

Dalam orasinya usai mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Anies Baswedan mengatakan gembok yang menghalangi dan menakuti-nakuti selama proses menuju Pilpres 2024 telah hancur atas kehendak perubahan.

"Gembok yang menghalangi, yang menakut-nakuti itu, atas kehendak perubahan hancur karena niat lurus untuk Indonesia yang adil. Hancur oleh komitmen kuat untuk mendatangkan perubahan, mendatangkan keadilan, mendatangkan kemakmuran," ujar Anies saat orasi di depan kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Kini, kata Anies, pintu gerbang menuju Pemilu 2024 telah terbuka. Gembok yang menguncinya telah berhasil dibongkar.

"Pintu gerbang perjuangan kini telah dibuka, segala macam gembok yang dipasang pada pintu itu telah berhasil kita bongkar. Kita hancurkan gembok-gembok penghadang itu atas izin dan rida Allah. Pintu perjuangan agar keadilan, agar kesejahteraan, agar kemakmuran bisa kita raih. Alhamdulillah hari ini terbuka," ucap Anies.

Anies mengajak seluruh pendukungnya untuk bergerak demi perubahan. Pendaftaran di KPU ini menjadi langkah awal untuk perubahan yang lebih baik.

"Segeralah bergabung ke kapal ini semangat perubahan dan kita akan mengarungi bahtera Indonesia yang adil untuk semua," kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan, usai mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres, maka Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan melakukan tes kesehatan.

"Kami memberikan surat pengantar kepada para pasangan calon untuk dapat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan calon dan dilakukan penilaian kemampuan apakah dapat menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden," kata Hasyim di Kantor KPU RI Jakarta, Kams (19/10/2023).

Hasyim mengatakan pemeriksaan akan dilangsungkan pada Sabtu 21 Oktober 2023 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Dia pun memohon kesediaan para pasangan calon untuk bisa mengikuti proses tersebut.

9 dari 9 halaman

8. Anies Janji Kembalikan Kewarasan dalam Bernegara

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan umbar janji dihadapan simpatisan dan relawan. 

Dalam sambutannya, Anies mengajak seluruh masyarakat bergabung bersama Koalisi Perubahan. Dia mengatakan, pasangan Anies-Cak Imin bertekad menghadirkan keadilan dan kesejahteran di Indonesia.

"Jangan pernah ragu lagi mari bergabung bersama kami dalam sebuah gerakan perubahan buat yang kemarin masih meragukan apakah kapal yang dibangun ini akan berlayar. Maka Anda saksikan hari ini layarnya terkembang amat tinggi dan luas segeralah bergabung dengan kapal ini gelorakan semangat perubahan dan kita akan mengarungi bahtera menuju Indonesia yang adil untuk semua," kata Anies saat memberikan sambutan.

Anies turut menyinggung keributan politik yang belakangan bermunculan. Menurut dia, kewarasan dalam bernegara harus dikembalikan.

"Kita luruskan segala praktik etika bernegara ini. Kita tegakan semangat dan etika berdemokrasi, kita kembalikan pesan dan amanat reformasi dan kita jaga kehormatan proses politik ini. Itulah janji dan tekat kami. Karena itu mulai hari ini kita langsung tancap gas," ujar Anies Baswedan

Dalam pidatonya, Anies juga meminta simpatisan dan relawan mulai bergerak menyampaikan pesan perubahan ke seluruh masyarakat di Indonesia.

"Kita bisa hidup makmur dan setara. Ikhtiar kita kita lakukan maksimal sambil tawakal kita tegakakan mari kita terus panjatkan doa, panjatkan sholawat agar perjuangan kita di ridhoi agar kita selalu berada dilindungan-NYA," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyatakan dukungan terhadap negara Palestina. Dia mengatakan sebagaimana amanat di dalam Undang-Undang Dasar 1945 bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

"Kita doakan Palestina segera merdeka dan dibebaskan dari penjajahan dan mereka mendapatkan keadilan dan masa depan yang baik," ucap dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat