uefau17.com

Warga Asmat Harap Presiden Selanjutnya Punya Mental Seperti Jokowi - News

, Jakarta - Warga Kampung Ewer, Kabupaten Asmat, Papua Selatan Veronicus mengaku senang Presiden Joko Widodo atau Jokowi dapat kembali mengunjungi daerahnya untuk kedua kalinya, pada Kamis (6/7/2023). Dia pun berharap presiden Indonesia berikutnya memiliki mental yang santun, seperti Jokowi.

"Kalau kami sebagai orang Asmat kami merasa bangga, karena dari sekian presiden yang bisa selalu santun terhadap masyarakat, beliau yang bisa sampai tiba di Asmat. Tiba di Asmat sudah dua kali," kata Veronicus sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (6/7/2023).

"Ini yang kedua kali. Dan kami sangat bangga. Kalau boleh, ke depan presiden-presiden seperti mental yang dimiliki oleh Bapak Presiden (Jokowi) itu harus ada," sambungnya.

Dia khawatir terjadi kesenjangan pembangunan apabila presiden berikutnya tidak memiliki mental seperti Jokowi. Khususnya, pembangunan di Papua.

"Kalau tidak, itu akan terjadi kesenjangan dalam pembangunan ke depan," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Adat Kampung Ewer, Vincent. Dia juga mengaku bangga Presiden Jokowi dapat kembali berkunjung ke Kabupaten Asmat.

"Puji dan syukur kita haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bapak Jokowi sebagai hati roh Kudus hati malaikat, karena Asmat merasa bangga, merasa bangga dengan kehadiran pembangunan di pedalaman terpencil," ucap Vincent.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Resmikan Bandar Udara Ewer

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Bandar Udara Ewer yang berada di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, sudah siap dimanfaatkan, mulai Kamis (6/7/2023). Khususnya, untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Kabupaten Asmat.

Dia menekankan pentingnya keberadaan Bandar Udara Ewer untuk mempercepat mobilitas masyarakat dan barang. Menurut dia, keberadaan Bandar Udara ini juga akan membuka isolasi di Kabupaten Asmat dan mempercepat kiriman logistik.

"Ini penting sekali konektivitas keterhubungan antar sebuah wilayah baik kabupaten, provinsi, maupun pulau karena akan mempercepat mobilitas orang dan mobilitas barang," kata Jokowi saat meresmikan Terminal Bandar Udara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (6/7/2023).

"Dan akan membuka isolasi akan mempercepat kiriman-kiriman logistik," sambungnya.

Dia mendapat laporan bahwa saat ini sudah ada dua kali penerbangan dari Timika ke Asmat setiap minggunya. Kemudian, empat kali penerbangan dari Kamur dan Merauke setiap minggu.

"Ini akan membuka wisata Asmat akan semakin meningkat," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jokowi Harap Kabupaten Asmat Semakin Berkembang

Jokowi berharap Bandar Udara Ewer dapat membuat Kabupaten Asmat semakin berkembang dan maju. Dia ingin perekonomian di Asmat semakin meningkat dengan adanya bandara tersebut.

"Kita ingin dengan selesainya Bandara Asmat ini akan semakin Asmat semakin berkembang dan maju. Dan kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat, di Provinsi Papua Selatan secara umum akan semakin baik dan semakin meningkat," jelas Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat