uefau17.com

Top 3 News: Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Pacitan, Terasa hingga Yogyakarta - News

, Jakarta - Pada Kamis 8 Juni 2023 sekitar pukul 00.04 WIB, gempa bumi mengguncang Barat Daya Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Itulah top 3 news hari ini.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa Pacitan itu berlokasi di 9.15 Lintang Selatan, 110.69 Bujur Timur.

BMKG juga menyebut pusat gempa ada di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Lindu juga terasa hingga daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Sementara itu, sidang perkara pencemaran nama baik terhadap Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan terdakwa Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.

Menko Marves Luhut diagendakan hadir sebagai saksi pada agenda sidang Kamis 8 Juni 2023. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana mengatakan, sejatinya Luhut dijadwalkan hadir sebagai saksi oleh Jaksa pada 29 Mei 2023 lalu. Namun melalui kuasa hukum Luhut, menyebut kala itu tidak bisa hadir.

Meski demikian, sidang akan terus berlanjut dengan meminta keterangan Menko Marves itu sebagai saksi di persidangan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News adalah terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mendorong Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim untuk segera merampungkan negosiasi wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Jokowi menyebut mumpung Indonesia saat ini masih dipimpinnya. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam konferensi pers usai melakukan pertemuan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Seri Perdana Malaysia, Kamis 8 Juni 2023. Ini merupakan kunjungan balasan, usai PM Anwar berkunjung ke Istana Bogor Jawa Barat pada Januari 2023 lalu.

Dalam pertemuan ini, Jokowi dan PM Anwar menyepakati negosiasi batas laut teritorial Indonesia-Malaysia yang sudah berlangsung selama 18 tahun. Dia pun mengapresiasi kerja cepat PM Anwar dan para menteri Malaysia.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News sepanjang Kamis 8 Juni 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gempa M 6,1 Guncang Pacitan, Terasa hingga Yogyakarta

Gempa bumi mengguncang Barat Daya Pacitan, Jawa Timur, Kamis 8 Juni 2023, pukul 00.04 WIB. Lindu itu berkekuatan 6,1 magnitudo.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa Pacitan itu berlokasi di 9.15 Lintang Selatan, 110.69 Bujur Timur.

"#Gempa Mag:6.1, 08-Jun-2023 00:04:55WIB, Lok:9.15LS, 110.69BT (117 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Kedlmn:10 Km #BMKG ," tulis BMKG di akun Twitternya.

BMKG juga menyebut pusat gempa ada di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Gempa juga terasa hingga daerah Yogyakarta dan sekitarnya. 

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Menko Luhut Hadiri Sidang Haris-Fatia di Kasus Pencemaran Nama Baik

Sidang perkara pencemaran nama baik terhadap Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan terdakwa Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.

Luhut diagendakan hadir sebagai saksi pada agenda sidang hari ini, Kamis 8 Juni 2023.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana dalam keterangannya mengatakan sejatinya Luhut dijadwalkan hadir sebagai saksi oleh Jaksa pada 29 Mei 2023 lalu. Namun melalui kuasa hukum Luhut, menyebut kala itu tidak bisa hadir.

"Dari surat yang disampaikan oleh kuasa hukum saksi Luhut, beberapa disampiakan permohonan maaf saksi Luhut Binsar Panjaitan karena belum dapat memenuhi panggilan persidangan. Mengingat saksi sedang ada di luar negeri (pada 29 Mei 2023)," kata Ketut dalam keterangannya, Kamis.

Meski demikian, sidang akan terus berlanjut dengan meminta keterangan Menko Marves itu sebagai saksi di persidangan.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Dorong PM Malaysia Selesaikan Negosiasi Perbatasan: Mumpung Presiden Indonesia Masih Saya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim untuk segera merampungkan negosiasi wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Jokowi menyebut mumpung Indonesia saat ini masih dipimpinnya.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam konferensi pers usai melakukan pertemuan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Seri Perdana Malaysia, Kamis 8 Juni 2023.

Ini merupakan kunjungan balasan, usai PM Anwar berkunjung ke Istana Bogor Jawa Barat pada Januari 2023 lalu.

"Saya juga berharap negosiasi perbatasan lainnya termasuk di darat, (Pulau) Sebatik , kemudian (Sungai) Sinapat selesai juga bisa segera diselesaikan," jelas Jokowi dilihat dari tayangan Youtube salah satu televisi Malaysia, Kamis 8 Juni 2023.

"Mumpung Perdana Menterinya Datuk Sri Anwar Ibrahim dan di Indonesia Presidennya masih Jokowi," sambungnya.

 

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat