uefau17.com

Staf Khusus Presiden Puji Inovasi Akmal Malik Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Sulbar Melalui Pariwisata - News

, Jakarta - Bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada Senin 1 Mei 2023 Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menggelar Festival Karampuang sekaligus Peresmian Plaza Karampuang oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik didampingi Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi.

Pulau Karampuang memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang cukup besar, meliputi pantai terumbu karang, mangrove, perikanan budidaya dan perikanan tangkap.

Turut hadir dalam acara ini, Staf Khusus Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar Billy Mambrasar, yang menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulawesi Barat untuk inisiatif ini.

“Sulawesi Barat merupakan pulau yang sangat indah dan saya senang sekali dapat kembali ke tempat ini, khususnya dalam Festival Karampuang 2023. Pak Pj. Gubernur menyampaikan bahwa Plaza Karampuang ini dibangun hanya dalam waktu 39 hari, sebuah bentuk nyata kerja cepat dan kerja tepat. Saya berharap bahwa dibangunnya Plaza Karampuang dan sentra UMKM di Pulau Karampuang akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat," ucap Billy Mambrasar dalam keterangan yang diterima , Rabu (3/5/2023).

"Dalam sambutan tadi, Pak Akmal juga menyampaikan bahwa di Plaza Karampuang ini akan diadakan acara rutin satu bulan sekali, di bawah supervisi Dinas Pariwisata. Ini merupakan langkah awal yang baik, supaya plaza ini benar-benar dioptimalkan penggunaannya untuk mendorong kreativitas dan inovasi anak muda Sulbar. Proficiat sekali lagi saya ucapkan kepada Bapak Akmal beserta segenap seluruh jajaran. Semoga selanjutnya, Festival Karampuang bisa menjadi agenda rutin tahunan yang melibatkan lebih banyak lagi masyarakat,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun UMKM

Dalam acara ini, Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik juga menyampaikan bahwa sebelum digelarnya Festival Karampuang, telah dibangun 12 unit UMKM sebagai hasil kerja sama Pemprov Sulbar dengan Korem TNI 142 Taroada Taragau di Mamuju.

Dengan demikian, sektor pariwisata dan sektor UMKM akan berdampingan dan saling menyokong satu sama lain untuk membangkitkan perekonomian Pulau Karampuang dan Provinsi Sulbar. Festival Karampuang ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Sulawesi Barat Sitti Suraidah Suhardi, jajaran Forkopimda Sulbar, serta pejabat dan masyarakat setempat lainnya.

Dalam kunjungan ke Sulawesi Barat kali ini, Billy Mambrasar bersama Tim BAPER (Bawa Perubahan), yang merupakan tim kerja di bawahnya, juga menjajaki beberapa potensi kolaborasi bersama Pemprov Sulbar maupun Pemda Mamuju di bidang pengembangan sumber daya manusia.

“Seperti yang selalu ditekankan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan, pembangunan tidak boleh bersifat Jawa-sentris, namun harus Indonesia-sentris. Oleh sebab itu, dalam setiap kunjungan saya bersama tim ke daerah-daerah, saya selalu berusaha menciptakan peluang kolaborasi untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia, terutama untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan inovasi para pemuda di daerah."

"Terima kasih kepada Pak Pj. Gubernur dan juga Ibu Bupati yang secara terpisah telah berdiskusi dengan tim kami. Selanjutnya, kami akan melakukan koordinasi dan tindak lanjut dalam waktu dekat, untuk kemajuan pemuda Sulbar,” tutup pemuda yang lulusan Harvard ini.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat