uefau17.com

Serupa Korban TWK, Brigjen Endar Priantoro Kini Bekerja di Kantor Dewas KPK untuk Sementara Waktu - News

, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutus akses Brigjen Endar Priantoro di Gedung Merah Putih KPK. Kini, Endar bekerja dari Gedung ACLC KPK yang menjadi kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

"Dan kalau saya tidak masuk melalui akses ini, saya akan tetap melapor ke pimpinan bahwa saya tetap hadir di sini, walaupun tidak masuk ke ruangan ini, di gedung ini, ya tentu saya akan lebih fokus di Dewas, karena kan proses pengadilan saya di Dewas masih berjalan," ujar Endar Priantoro di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (10/4/2023).

Endar baru saja mencoba masuk ke Gedung Merah Putih KPK namun sia-sia. Kini, Endar layaknya para mantan pegawai KPK yang disingkirkan melalui Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Para pegawai KPK yang tak lulus TWK diketahui sempat berkantor di gedung Dewas KPK.

"Dan saya juga dikonfirmasi ke Biro Umum dan memang betul perintah pimpinan saya sudah tidak diperkenankan lagi masuk sebagai pegawai KPK," kata Endar.

Sebelumnya, Brigjen Pol Endar Priantoro berusaha datang dan bekerja di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meski aksesnya sudah diputus pimpinan KPK.

Endar mengaku dirinya menjalani perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meminta dirinya tetap menjadi Direktur Penyelidikan KPK.

"Bagi saya selama saya masih ada perintah dari pimpinan Polri, dan masalah ini juga belum selesai secara hukum menurut saya, saya masih berhak di sini," ujar Endar di Gedung KPK, Senin (10/4/2023).

Endar menyebut polemik soal pemberhentian dengan hormat dirinya terus berjalan di Dewan Pengawas KPK. Endar merasa dirinya masih menjadi Direktur Penyelidikan KPK sebelum muncul keputusan Dewas KPK terkait hal ini.

"Saya masih menjalankan tugas dan saya masih merasa, dan karena memang status hukumnya masih berjalan," kata Endar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Lagi Miliki Akses Masuk KPK

Brigjen Endar Priantoro tak lagi memiliki akses masuk ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab ia telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan KPK sejak 1 April 2023.

"Beliau itu sudah kita berhentikan per 1 April, lima hari yang lalu," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Alexander Mawarta menegaskan, saat ini Endar sudah tidak ada lagi atau tidak memiliki kartu akses di KPK. Karena memang dirinya sudah tidak bekerja lagi di sana.

"Jadi kita kembalikan ke peraturan-peraturan internal KPK bahwa yang bekerja di KPK itu adalah yang punya akses adalah orang yang kepegawainnya itu tercatat, diakui di KPK," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Lapor ke Dewas KPK

Sebelumnya, Brigjen Endar Priantoro melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri dan Sekretaris Jenderal Cahya H Harefa ke Dewan Pengawas (Dewas), Selasa 4 April 2023. Endar mengaku kedatangannya ke kantor Dewas KPK mendapat dukungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Saya datang ke sini atas perintah Bapak Kapolri yang memerintahkan saya tetap melaksanakan tugas di KPK, berdasarkan surat perintah tugas yang baru tertanggal 29 Maret yang lalu," ujar Endar di kantor Dewas KPK, Selasa 4 April 2023.

Endar melaporkan Firli Bahuri dan Cahya Harefa buntut pencopotan dirinya dari jabatannya Direktur Penyelidikan (Dirlidik) KPK. Endar mengaku sampai hari ini belum menerima surat keputusan (SK) terkait pemberhentiannya.

Di sisi lain, kata dia, Kapolri sudah mengirimkan surat sebanyak dua kali untuk mempertahankannya sebagai Dirlidik KPK. "Sampai hari ini saya juga belum menerima putusan dari SK pemberhentian itu," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat