uefau17.com

Cuaca Buruk dan Terkendala Runway, Penerbangan di Bandara Soetta Sempat Terganggu - News

, Jakarta - Sejumlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sempat terganggu akibat cuaca buruk yang terjadi pada Minggu sore hingga malam, 26 Februari 2023.

Kondisi tersebut menyebabkan sejumlah pesawat mengalihkan penerbangan ke bandara lain atau divert dan juga kembalinya pesawat ke bandara asal (return to base/RTB).

Saat itu, terdapat laporan bahwa maskapai Garuda Indonesia batal mendarat di Bandara Soetta lantaran adanya kendala. Maskapai pelat merah ini harus melakukan RTB kembali ke Bandara Ir Djuanda, Surabaya.

"Pada pukul 23.00 - 01.00 WIB juga telah dilakukan perawatan (maintenance) terhadap bagian kecil dari runway utara guna mendukung operasional berjalan dengan baik," kata SN Of Branch Communications and Legal Angkasa Pura (AP) II, Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muardi, Senin (27/2/2023).

AP II memastikan, saat ini ketiga runway di Bandara Soekarno-Hatta dapat digunakan dengan baik. Operasional penerbangan berjalan baik pagi ini, dimana tercatat sudah ada 25 pergerakan pesawat baik itu keberangkatan dan kedatangan.

"Bandara Soekarno-Hatta mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan dan memenuhi peraturan yang berlaku," ujarnya

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inspeksi Kelayakan Aerodrome

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 95 Tahun 2021 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 139, tercantum antara lain inspeksi kelayakan aerodrome harus dilaksanakan antara lain setelah terjadi badai, angin ribut atau cuaca buruk lainnya.

Operasional penerbangan juga mengacu pada Surat Edaran Nomor SE 47 Tahun 2020 tentang Kegiatan Operasional Penerbangan Pada Kondisi Weather Minimal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat