uefau17.com

5 Imbauan KBRI Ankara untuk Warga Indonesia yang Terdampak Gempa Turki - News

, Ankara - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 melanda Turki Tenggara, dekat perbatasan Suriah, Senin, 6 Februari 2023. Pejabat pemerintah Turki menyebutkan, 10 kota terkena dampak gempa Turki.

The US Geological Survey atau Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menyebutkan gempa berkekuatan magnitudo 7,8 terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat pada kedalaman 17,9 KM di dekat kota Gaziantep. Berdasarkan pembaruan terkini, pusat gempa Turki berada di distrik Pazarcik, Provinsi Kahranmaras. Demikian mengutip BBC, Senin (6/2/2023).

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara Turki atau Indonesian Embassy Ankara melalui akun Twitter @IndonesiaAnkara mengeluarkan 5 imbauan bagi warga Indonesia yang terdampak gempa tersebut. 

5 Imbauan KBRI Ankara untuk Warga Indonesia yang Terdampak Gempa Turki

HIMBAUAN

KBRI Ankara menghimbau kepada WNI yang berada di wilayah terdampak gempa, yaitu: Kahramanmaraş, Gaziantep, Diyarbakır, Hatay, Şanlıurfa, Kilis, Adıyaman, Malatya, Osmaniye dan Adana untuk:

  1. Mematuhi imbauan otoritas setempat untuk tidak memasuki bangunan yang retak atu rusak parah.
  2. Mengikuti apabila terdapat anjuran untuk tinggal sementara di lokasi-lokasi aman yang disediakan oleh Otoritas setempat;
  3. Memonitor perkembangan gempa yang disampaikan oleh otoritas terkait di Turki, khususnya AFAD (the Disaster and Emergency Management Presidency)
  4. Tidak menyebarkan informasi yang dapat mengakibatkan kepanikan termasuk mengambil gambar baik korban ataupun bangunan rusak parah;
  5. Dalam memerlukan bantuan darurat, diimbau untuk segera menghubungi hotline KBRI Ankara di nomor +90 532 135 22 98.

Sejauh ini belum terdapat informasi WNI yang menjadi korban jiwa. KBRI Ankara akan terus memantau perkembangan situasi dan keadaan WNI di wilayah yang terdampak gempa bumi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Turki 6 Februari 2023: 10 Kota Terkena Dampak, 2.000 Lebih Orang Terluka

Gempa bumi dahsyat melanda Turki Tenggara, dekat perbatasan Suriah yang menewaskan ratusan warga saat tidur dan menjebak banyak lainnya, Senin, 6 Februari 2023. Pejabat pemerintah Turki menyebutkan, 10 kota terkena dampak gempa Turki.

The US Geological Survey atau Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menyebutkan gempa berkekuatan magnitudo 7,8 terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat pada kedalaman 17,9 KM di dekat kota Gaziantep. Berdasarkan pembaruan terkini, pusat gempa Turki berada di distrik Pazarcik, Provinsi Kahranmaras. Demikian mengutip BBC, Senin (6/2/2023).

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan, jumlah korban tewas di wilayah Gaziantep meningkat menjadi 284. Ada kekhawatiran jumlah korban tewas akan meningkat dalam beberapa jam mendatang. Banyak bangunan runtuh dan tim penyelamat telah dikerahkan untuk mencari korban selamat di bawah tumpukan puing yang sangat besar.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Turki Suleymon Soylu menuturkan, 10 kota terkena dampak antara lain Gaziantep, Kahramanmaras, Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir dan Kilis.

Di Gaziantep, setidaknya 80 orang tewas, kata pejabat. Sementara itu, 70 orang tewas di Kahramanmaras. Di Malatya, timur laut Gaziantep, sedikitnya 47 orang meninggal. Di Sanliurfa, di sebelah timur, ada 18 korban meninggal. Kematian lainnya dilaporkan di berbagai tempat termasuk Diyarbakir dan Osmaniye.

Di Suriah, lebih dari 380 orang tewas, dengan korban di wilayah yang dikuasai pemerintah dan pemberontak. Kementerian Kesehatan Suriah menuturkan, 239 orang tewas di provinsi Aleppo, Latakia, Hama dan Tartus.

Kelompok penyelamat White Heltmes yang beroperasi di daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah barat laut mengatakan di Twitter, setidaknya 147 orang tewas di sana. Setidaknya 2.323 orang terluka di Turki dan hampir 1.000 di Suriah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat