uefau17.com

AHY Sebut Demokrat Dukung Anies Capres, Begini Kata NasDem - News

, Jakarta - Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menanggapi pernyataan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Ali mengaku baru membaca pernyataan AHY baru pagi ini.

Ali menyampaikan hal ini ketika sedang bertemu dengan Gerindra-PKB di Sekretariat Bersama di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Pertemuan NasDem dengan Gerindra-PKB ini sudah direncanakan sejak lama. Sebelum AHY membuat pernyataan dukungan kepada Anies.

"Kebetulan merencanakan pertemuan ini, sebelum ada pernyataan itu. Jadi kami merencanakan ini sudah seminggu yang lalu, jadi sebelum ada pernyataan itu, pernyataan juga saya baru baca tadi pagi kan," kata Ali.

Pertemuan NasDem dengan Gerindra-PKB tidak mengurangi penjajakan dengan Demokrat dan PKS. Ali mengatakan, penjajakan koalisi perubahan itu terus dilakukan.

"Jadi saya pikir tidak mengurangi juga substansi pernyataan, kunjungan hari ini tidak mengurangi apa-apa gitu, kami tetap bersama Demokrat dan PKS," jelas Ali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demokrat Usung Anies

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan bakal mengusung kepada Anies Baswedan di Pilpres 2024. Menurut AHY, sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mendukung AHY.

"Adapun terkait Bakal Calon Presiden (Bacapres), sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024," kata AHY dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/1).

Menurut AHY, Anies Baswedan merupakan sosok yang dapat memberikan perubahan dan juga perbaikan.

“Bagi Demokrat, Mas Anies adalah Tokoh Perubahan dan Perbaikan,” ujarnya.

AHY juga menyinggung Cawapres pendaming Anies. Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai Bacawapres.

"Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar," jelas AHY.

3 dari 3 halaman

Serahkan ke Anies

Menurutnya, yang terpenting diskusi cawapres hendaknya tidak menghambat finalisasi koalisi. Demokrat menyerahkan urusan cawapres kepada Anies.

"Kami rasional saja. Jangan sampai faktor penentuan Bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan. Untuk itu, Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan Bacawapres kepada Bacapres yang kita usung. Dengan demikian, tiga partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi," ujar AHY.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat