uefau17.com

Sandiaga Apresiasi Titanium Inner Circle Meeting Pengusaha Malaysia dan Indonesia - News

, Jakarta - Tidak kurang dari 300 pengusaha asal Malaysia dan Indonesia ambil bagian dalam Titanium Inner Circle Meeting yang diselenggarakan Richworks International, 6-10 Maret 2023, di Jakarta.

Hadir dalam kegiatan ini Pengasas dan Pengerusi RichWorks International Datuk Wira Dr Haji Azizan Osman, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, dan Direktur Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kemenparekraf Yuke Sri Rahayu, serta Chief Executive Officer RichWorks Indonesia Aryani Firdaus.

Dalam Titanium Inner Circle Meeting Jakarta ini, diserahkan juga penghargaan untuk para pengusaha yang sukses melakukan peningkatan bisnis tahun 2022 di bawah bimbingan Mentor Datuk Wira Dr Azizan Osman.

Kelompok pengusaha ini berhasil mencapai penjualan kumulatif sebesar 3.9 Billion Ringgit Malaysia pada tahun 2022 lalu.

Melalui bimbingan Richworks dan Datuk Wira Dr Azizan Osman dan sponsor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, proyek percontohan dengan 25 pengusaha Indonesia berhasil dicapai dalam waktu 6 bulan sejak Oktober 2022 dengan peningkatan bisnis. 

Hal ini tidak terlepas dari inisiatif Sandiaga Uno untuk mengangkat ekonomi nasional dan ekonomi para pengusaha.

Datuk Wira sendiri memberikan tanggapan mengenai peluang bekerjasama dengan Kemenparekraf.

"Saya sangat senang dan respect sekali bekerjasama dengan Kemenparekraf, Pak Sandi dan pengusaha-pengusaha Indonesia. Saya respect dengan komitmen dan kegigihan pengusaha Indonesia. Saya berharap kerjasama ini akan terus berlanjut sehingga terus menciptakan peluang usaha yang lain," katanya.

Dalam kegiatan ini, 5 pelopor asal Indonesia menerima penghargaan sebagai Rising Star.

Artinya, ini adalah bisnis yang berpotensi tumbuh dan meningkat dengan penjualan dan pertumbuhan bisnis yang luar biasa melalui bimbingan dan dukungan dari Richworks Malaysia dan RichWorks Indonesia yang bergabung dalam upaya ini dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tujuan bersama ini adalah membangun dan memimpin pengusaha untuk membangun bisnis yang sukses dengan metode yang terbukti sukses oleh Datuk Wira dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam pendampingan dan pembinaan bisnis.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno memberikan hadiah kepada peserta Indonesia dan memberikan pidato pembukaan untuk joint venture ini dengan peluncuran website richworks.co.id dan halaman media sosial resmi Instagram Richworks Indonesia.

Sementara Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan alasan memilih Richworks International serta melibatkan Datuk Wira sebagai mentor.

"Alasan utama saya berkolaborasi ini karena saya melihat sebuah video dimana Datuk Wira menyampaikan motivasi kepada peserta dari pelatihan Richworks yang sesuai dengan nilai kita yaitu inovasi, kolaborasi dan bermanfaat," jelasnya.

Dijelaskan Sandiaga, dalam usaha itu tidak hanya mencetak sisi ekonomi kreatifnya saja tapi juga dalam sisi memberikan dampak yang positif kepada sesama manusia dan lingkungan. 

"Ini yang saya tangkap dan kita setujui untuk bekerjasama dan lakukan berbagai pelatihan di Kementerian dan selanjutnya di Bali. Karena Bali sangat membutuhkan sekali dukungan untuk memulihkan kondisi pasca Covid-19," katanya.

Sandi juga menyampaikan terima kasih kepada Datuk Wira karena berkenan untuk memindahkan lokasi acara di Bali yang alhamdulillah berdampak positif memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali pasca pandemi Covid-19. 

"Saya harap ini hanya awalan nanti akan ada puluhan ribu pengusaha yang meningkatkan omset nya dan membuka peluang usaha untuk menciptakan target membuka lapangan pekerjaan bagi 4.4 juta lapangan kerja di tahun 2023," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semakin Berkembang Luas

Sandiaga juga melihat dalam waktu 6 bulan capaian pengusaha Indonesia yang menerima bimbingan Richworks sangat berkembang.

"Saya lihat tadi para pemenang anugerah Mentorship Indonesia Rising Star, yaitu Irfan Ahmad Fauzi, Adhi Permana Putra Krisyasuda, Iwan Febrian, Salsabila Tarigan, Ujang Burhanudin, capaian mereka berlima ini adalah capaian sangat fenomenal dan pasti mendapatkan dampak yang positif dari pelatihan mentorship yang telah disampaikan oleh Richworks, baik Richworks Malaysia maupun Richworks Indonesia," katanya. 

Sandiaga pun berharap kerjasama ini semakin berkembang luas. 

"Karena Indonesia dan Malaysia ini serumpun kita punya nilai-nilai yang sama, adat istiadat yang sama, ibukota kita sebentar lagi pindah jadi semakin dekat dengan Malaysia, jadi mudah-mudahan persahabatan dan kerjasama kita akan meningkatkan investasi meningkatkan peluang usaha dan lapangan kerja untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," ujarnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat