uefau17.com

Simak Jam Operasional Transjakarta dan MRT Saat Malam Tahun Baru 2023 - News

 

, Jakarta Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau warga untuk menggunakan transportasi umum saat pergi ke lokasi-lokasi perayaan tahun baru di Ibu Kota.

Adapun perayaan pergantian tahun kali ini akan terpusat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Namun, terdapat juga perayaan di lima wilayah kota dan satu kabupaten, yaitu Jakarta Pusat di Thamrin 10, kemudian Jakarta Utara di Kantor Walikota, Jakarta Barat di Kantor Walikota, Jakarta Selatan di Setu Babakan, Jakarta Timur di Old Shanghai Cakung, dan Pulau Untung Jawa untuk Pulau Seribu.

Selain itu, terdapat juga car free night bertajuk Malam Muda Mudi di sepanjang jalan M.H. Thamrin - Sudirman.

"Memang kami harap masyarakat yang nantinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin (untuk) merayakan tahun baru, menggunakan layanan angkutan umum," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa 20 Desember 2022 lalu.

Oleh karena itu, Syafrin mengatakan bahwa terdapat penyesuaian jam operasional sejumlah transportasi umum.

1. Transjakarta

Syafrin menjelaskan, Transjakarta akan beroperasi selama 24 jam saat malam pergantian tahun. Namun, jika ada situasi yang tidak memungkinkan Transjakarta untuk melalui jalur biasanya, Dishub telah menyiapkan skema pengalihan rutenya.

"Begitu terpantau keramaian yang kemudian sulit dilalui TransJakarta, tentu TransJakarta koridor Blok M-Kota akan dilakukan rerouting. Jadi dari arah utara setelah masuk Jalan Hayam Wuruk melintas di Halte Harmoni ini langsung bisa belok kanan ke Suryopranoto, Balikpapan via Caringin kemudian Gomang belok kiri, S Parman-Gatot Subroto- Semanggi langsung masuk ke Sudirman menuju ke Blok M," jelas Syafrin.

Syafrin juga menjelaskan, hal tersebut berlaku untuk arah sebaliknya. Misalnya, dari Blok M atau Bundaran HI sulit diakses TransJakarta, maka rutenya akan situasional dialihkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

MRT

2. MRT

Untuk MRT, Syafrin mengatakan moda transportasi ini akan beroperasi hingga pukul 02.00 WIB.

"Angkutan umum untuk MRT itu dioperasionalkan sampai pukul 02.00 WIB. Untuk MRT di bawah tanah tentu tidak akan ada gangguan," ujar Syafrin.

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat