uefau17.com

Cerita Dubes Ukraina Terpukau dengan Gamelan di Pernikahan Kaesang-Erina - News

, Jakarta - Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengaku terpakau dengan acara tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Hal yang membuatnya paling terpukau yakni, kehadiran alat musik tradisional gamelan yang dimainkan saat acara.

"Gamelannya sangat membuat saya, aku tidak tahu bagaimana mengatakannya, sangat memukau, begitu dalam, dan sangat kental dengan budaya," jelas Hamianin di Pura Mangkunegaran Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu 11 Desember 2022.

Dia mengatakan, ini kali pertamanya menghadiri pernikahan adat Jawa. Hamianin menilai pernikahan Kaesang dan Erina seperti royal wedding karena sangat megah dan terorganisir.

"Ini adalah pengalaman pertama saya menghadiri pernikahan dengan adat Jawa. Sebelumnya saya sudah pernah menghadiri pernikahan Sunda dan beberapa lainnya," ujarnya.

"Tetapi pernikahan ini, terlebih lagi di keraton, ini seperti royal wedding. Sangat impresif, sangat terorganisir, sangat megah," sambung Hamianin.

Kaesang dan Erina menjalani proses ngunduh mantu di rumah dinas Walikota Surakarta, Loji Gandrung pada Minggu 11 Desember 2022. Setelah itu, keduanya didampingi keluarga melakukan proses kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran.

Total ada 6.000 tamu undangan yang diperkirakan hadir dalam tasyakuran ini. Mulai dari, menteri, pejabat negara, duta besar negara sahabat, hingga masyarakat umum.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tasyakuran Kaesang-Erina Selesai, Jokowi: Alhamdulillah Semua Berjalan Baik dan Lancar

Acara tasyakuran atau resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022) selesai digelar. Jokowi pun mengaku perasaannya lega rangkaian pernikahan Kaesang-Erina berjalan dengan baik dan lancar.

"Ya dimulai dari pengajian dari semaan Al-Quran kemudian juga siraman, kemudian midodareni dan hari ini dimulai tadi pagi kirab dan berakhir sampai malam hari ini tasyakurannya. Semua Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar," kata Jokowi kepada wartawan usai tasyakuran di Pura Mangkunegaraan, Minggu malam.

"Lega," sambung dia saat ditanya soal perasannya.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan selama rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina, khususnya saat ijab kabul dan tasyakuran. Jokowi juga meminta maaf apabila masyarakat ada yang terganggu dengan perhelatan ini.

"Sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada masyarakat yang kurang nyaman dan terganggu pada saat perhelatan pernikahan anak-anak kami," jelas Jokowi.

Berdasarkan pantauan , tasyakuran sesi kedua Kaesang dan Erina yang dimulai pukul 19.00 WIB, berakhir sekitar pukul 22.00 WIB. Sebelumnya, tasyakuran sesi pertama digelar pada pukul 09.30 hingga 14.00 WIB.

Pada resepsi sesi kedua tersebut, Kaesang terlihat mengenakan busana pangeran keprajuritan berwarna merah, sementara Erina tampil mengenakan busana pengantin Solo putri berwarna senada. Adapun kedua orang tua mempelai mengenakan busana berwarna hijau.

3 dari 4 halaman

Mendagri Tito: Pernikahan Kaesang-Erina Picu Ekonomi di Solo, Hotel dan Pesawat Penuh

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menghadiri gelaran resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudino di Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022) malam.

Tito mengatakan acara tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina Gudono memicu perekonomian di Solo Jawa Tengah. Pasalnya, pesawat hingga kamar hotel penuh dipesan oleh tamu undangan.

"Saya juga mengapresiasi acara ini dari sudut pandang Kemendagri tentu ini adalah event yang dapat memicu ekonomi di Solo dan sekitarnya. Saya tahu hotel-hotel penuh, pesawat penuh, restoran penuh," jelas Tito usai menghadiri tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022).

Menurut dia, pernikahan Kaesang dan Erina juga membuat beskap laris manis dipesan oleh tamu undangan. Hal ini membuat UMKM dan ekonomi di Solo kembali bergairah.

"Apresiasi saya kepada panitia, Mas Gibran (Rakabuming Raka) karena akan memacu perekonomian di Solo," ujarnya.

Tito pun mendoakan agar Kaesang dan Erina menjadi keluarga sakinah, mawadah, dan warrahmah hingga akhir hayat. Dia berharap Kaesang dan Erina segera diberikan momongan.

"Saya tentu mendoakan kedua mempelai Mas Kaesang, Mbak Erina menjadi keluarga sakinah, mawadah, warrahmah sampai dengan akhir hayat tetap langgeng. Juga selamat dunia akhirat. Segera mendapat momongan, cucu yang baik," tutur Tito.

4 dari 4 halaman

Momen Putra MBZ Saat Hadiri Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Putra dari Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, menghadiri resepsi atau syukuran pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

Acara resepsi pernikahan tersebut digelar di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Minggu (12/11/2022) malam. Kedatangan Sheikh Khalid MBZ ke Indonesia adalah untuk mewakili ayahnya.

Berdasarkan pantauan , Sheikh Khalid MBZ yang memakai baju putih didampingi Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Walikota Medan Bobby Nasution saat naik ke atas pelaminan. Sheikh Khalid MBZ lalu menyalimi Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Kemudian, dia menyalami Kaesang dan Erina. Lalu, dilanjutkan dengan berfoto bersama.

Selain itu, Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri juga tampak hadir di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Megawati tiba dengan didampingi oleh Kepala BIN, Budi Gunawan (BG).

Tidak hanya BG, Megawati juga didampingi oleh putrinya, Puan Maharani dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Mereka tiba dengan menaiki mobil golf, ketika sampai di lokasi pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming dan menantunya Bobby Nasution langsung menyambut dan mengantar ke depan panggung mempelai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat