uefau17.com

Bertemu Menhan AS, Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan Kedua Negara - News

, Jakarta- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Menhan Amerika Serikat (AS) atau Secretary Of Defense Lloyd J Austin III di Kantor Kemhan Jakarta, Senin (21/11/2022). Ini merupakan pertemuan keempat mereka pada dua tahun terakhir ini.

Pembicaraan antara kedua menteri berlangsung konstruktif. Sejumlah poin yang dibahas terkait kerja sama pertahanan kedua negara seperti di bidang pendidikan prajurit TNI, peralatan pertahanan, hingga pelatihan bersama.

"Dan saya menyampaikan kepuasan terhadap kerja sama kedua negara hingga saat ini. Hubungan kedua negara telah berlangsung berpuluh tahun dan berada dalam situasi yang sangat baik," kata Prabowo dikutip dari siaran persnya, Senin (21/11/2022).

Dia menyampaikan bahwa terdapat program bersama yang perlu diselesaikan. Khususnya, terkait prisoner of war (POW) dan missing in action (MIA) recovery yang ada wilayah Indonesia.

"Kami berjanji untuk mempercepat ini dan kami ingin membantu mereka membawa kembali pahlawan mereka yang gugur," ujarnya.

Sementara itu, Menhan AS Austin menekankan bahwa hubungan persahabatan antara AS dan Indonesia dalam bidang pertahanan yang telah berlangsung 70 tahun ini terus tumbuh.

Ia pun menilai Indonesia telah menunjukkan kemampuannya mempertahankan kedaulatan dan keamanan kawasan Indo-Pasifik.

"Amerika Serikat bangga bekerja sama dengan Anda untuk memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," jelas Austin.

Austin juga mengatakan akan memperdalam lagi Kemitraan antara AS dan Indonesia.

"Dalam pertemuan ini kami membahas upaya untuk memperdalam kemitraan termasuk di dalamnya memperluas interoperabilitas, meningkatkan investasi di bidang pedidikan," tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Menhan AS

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd J. Austin III di Kantor Kementerian Pertahanan Jakarta, Senin (21/11/2022). Dia tiba pada pukul 10.23 WIB dan langsung disambut Prabowo Subianto.

Berdasarkan pantauan , Prabowo langsung menjabat tangan Menhan Austin ketika turun dari mobilnya. Selanjutnya, acara dilakukan dengan upacara penyambutan di mana lagu kedua negara diperdengarkan.

Kemudian, Prabowo mengajak Menhan Amerika Serikat Austin untuk melakukan penghormatan di depan patung Presiden Soekarno yang tengah menunggang kuda. Prabowo lalu megajak Menhan Austin masuk ke kantor Kemenhan untuk melakukan pertemuan.

Sebelumnya, Prabowo Subianto bertemu dengan anggota Dewan Negara merangkap Menteri Pertahanan China Wei Fenghe di Kota Xian, Provinsi Shaanxi, China, pada Jumat 18 November 2022.

Kedua menhan bertemu di kota wisata ikonik Patung Terakota itu, dua hari setelah Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jingping melakukan pertemuan bilateral di Bali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat